29 Oktober 2019 Jam 10:36

Sumpah Pemuda, Momentum Menjaga Persatuan dan Kesatuan

BANJARNEGARA –  Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, mengajak, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini agar dijadikan sebagai momentum  untuk  meningkatkan semangat persatuan, semangat juang, semangat cinta tanah air dan semangat mempertahankan NKRI sampai titik darah penghabisan. Hal ini disampaikan Bupati Budhi Sarwono saat menjadi inspektur upacara bendera memperingati hari Sumpah Pemuda ke 91 tingkat Kabupaten Banjarnegara, di halaman Kantor Bupati, Senin (28/10/2019).

Momentum Sumpah Pemuda harus menjadi semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan menjaga kebhinekaan bangsa. Senantiasa peringatan Sumpah Pemuda memotivasi para generasi-generasi muda Banjarnegara untuk terus berbuat dan berkarya serta berprestasi bagi masyarakat, bagi daerah serta bagi bangsa.
“Para pemuda pemudi Banjarnegara, kalian kompak, kalian hebat dan kalian keren luar biasa,” seru Budhi Sarwono disambut tepuk tangan para peserta upacara.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia DR. Zaenudin Amali SE., M.Si dalam sambutan yang dibacakan Bupati Budhi Sarwono mengungkapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Tema Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini “Bersatu Kita Maju” yang diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Hanya dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
Sebenarnya tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, tapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemudalah, Indonesia bisa lebih maju. Pemuda harus memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreatifitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.
Upacara tersebut dihadiri Forkompinda Banjarnegara, kepala OPD, Pimpinan BUMN dan BUMD, Pimpinan Ormas Kepemudaan dan tamu undangan lainnya. Upacara juga diikuti prajurit TNI dan Polri, Satpol PP, Pemkab Banjarnegara, Dishub Banjarnegara, ormas Banser, Pemuda Muslim, Kokam, Pemuda Pancasila, Tagana, pelajar dan mahasiswa Banjarnegara.
Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada juara lomba menulis resensi tingkat kabupaten Banjarnegara. Mereka menerima piala piagam dan uang pembinaan masing-masing Juara 1 : Rp. 1.750.000, Juara 2 : 1.250.000, Juara 3 : 1.000.000,- Harapan 1 : 750.000, Harapan 2 : 500.000, dan Harapan 3  : 350.000.
Doni Sutrisno, Kepala Disarpus Banjarnegara usai foto bersama juara mengatakan, juara lomba resensi juga mendapatkan beasiswa. “Kami memberikan apresiasi kepada pelajar, mahasiswa dan generasi muda yang mempunyai prestasi dalam bidang literasi,” katanya.(Muji P/Dinkominfo)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eryaman escort