5 Juni 2020 Jam 08:05

Bupati Minta Bantuan Alsintan Mutlak untuk Petani

Banjarnegara  – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, meminta bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah diperuntukkan murni untuk keperluan petani anggota klomtan, tanpa ada potongan dan syarat apapun. Demikian disampaikan bupati saat menyerahkan bantuan Alsintan, jalan usaha tani (JUT) dan paket sembako kepada sejumlah kelompok tani di Pendapa Dipayuda Adigraha, Rabu (3/6/2020).

Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati kepada perwakilan penerima Alsintan, disaksikan Kepala Dinas Pertanian Totok Setya Winarna S.Pi, koordinator petugas pertanian kecamatan dan anggota kelompok tani penerima bantuan yang hadir.

“Bantuan ini murni untuk petani, jangan ada potongan atau syarat apapun untuk mengambil bantuan tersebut,” kata bupati dalam pengantarnya.

Lebih lanjut bupati juga berharap, kelompok tani penerima bantuan hibah alsintan dan jalan usaha tani (JUT) bisa memanfaatkan dana dan merawat alsintan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Jangan sampai mangkrak, segera dimanfaatkan dan jika sudah terlihat ada tanda kerusakan cepatlah diperbaiki sehingga kerusakannya tidak semakin parah,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan Pemkab siap menggelontorkan anggaran lebih untuk bidang pertanian, utamanya untuk pembangunan jalan usaha tani.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjarnegara Totok Setya Winarna S.Pi, menjelaskan bantuan tersebut meliputi 12 unit alsintan terdiri atas : 4 unit Cultivator untuk Kecamatan Pejawaran. Bantuan ini bersumber dari DBHCHT APBD Provinsi.

Kemudian 8 (delapan) unit kendaraan roda 3. Sumber dana dari DBHCHT APBD dan 2 unit sumber dana APBN. Untuk TP diperuntukkan bagi Kecamatan Pejawaran sebanyak 3 unit, Pagentan 3 unit, Sigaluh 1 unit dan Karangkobar 1 unit.

Adapun bantuan sarana pertanian sumber dana APBN berupa : 1 unit jalan usaha tani (JUT) untuk Kecamatan Madukara 1 unit, Banjarnegara 1 unit, Sigaluh 1 unit, Wanadadi 1 unit, Bawang 2 unit, Banjarmangu 1 unit, Punggelan 1 unit, Purwanegara 1 unit dan Kecamatan Pagentan 1 unit. Berikutnya adalah pengembangan irigasi perpipaan sebanyak 7 unit untuk Kecamatan Pejawaran 3 unit, Pandanarum 1 unit, Punggelan 1 unit,  Pagentan 1 unit dan Kecamatan Banjarmangu 1 unit.

Terakhir diserahkan bantuan sembako terdampak Covid-19 sebanyak 119 paket untuk warga Desa Gembongan Kecamatan Sigaluh sebanyak 17 paket, Wiramastra Kecamatan Bawang 17 paket, Kebanaran Kecamatan Mandiraja 17 paket, Sambong Kecamatan Punggelan 17 paket, Desa Rakit 17 paket, Ampelsari Kecamatan Kecamatan Banjarnegara 17 paket, Desa Pakelen Kecamatan Madukara 17 paket. *(Muji P/Dinkominfo)*

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *