29 Juli 2020

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Resmi tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020

Banjarnegara – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono secara resmi menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2020, di Desa Metawana Kecamatan Pagenta, Rabu (29/07). Sebagai simbolis, Dandim 0704/Banjarnegara. Letkol Inf Dominggus Lopes, S,Sos selaku Dansatgas TMMD menyerahkan hasil-hasil pelaksanaan TMMD kepada Bupati Banjarnegara Budi Sarwono melalui penandatanganan prasasti. Hadir menyaksikan seremoni tersebut antara lain : Pejabat Forkopimda, Pejabat Pemkab Banjarnegara, Camat Pagentan dan Pemdes Metawana.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada masyarakat desa Metawana, juga kepada jajaran Kodim 0704 dan Polres Banjarnegara yang telah berhasil bersinergi bersama membangun akses jalan antardesa walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 tetapi tidak mengurangi semangat dan kegotongroyongan.
“Kami sangat mengapresiasi sedalam-dalamnya karena TNI dan Polri bersama rakyat telah nyengkuyung pembangunan di Kabupaten Banjarnegara. Kami beserta Forkopimda siap untuk mengabdi kepada masyarakat,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, sasaran dalam TMMD Sengkuyung berupa pembangunan cor rabat beton dan sarana pendukung seperti jembatan dan Poskamling serta kegiatan non fisik berupa penyuluhan warga selaras dengan visi terwujudnya Banjarnegara yang bermartaban dan sejahtera, dan kebijakan prioritas pembangunan infrastruktur yang tengah digalakkan.
“Akses jalan yang dibangun merupakan akses tercepat menuju Desa Sokaraja dan merupakan jalan alternatif penghubung Desa Metawana, Kayuares, Kalitalga dan sekitarnya apabila akses jalan Bulukuning mengalami permasalahan seperti patah atau longsor,” imbuhnya.

Lebih jauh bupati meminta warga untuk merasa “handarbeni” atau memiliki hasil-hasil pembangunan dengan ikut memeliharanya.
“Jaga dan rawatlah jalan ini agar nilai manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama, serta pertahankan dan tingkatkan partisipasi masyarakat agar semangat membangun terus berkembang,” pesan bupati.

Sementara itu, Dandim 0704/ Banjarnegara Letkol Inf Dominggus Lopes, S,Sos menyampaikan bahwa Program TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan.
“Saya ucapkan terima kasih atas pengabdian TNI khususnya Kodim 0704/Banjarnegara terhadap Banjarnegara. Dan dengan ini saya serahkan hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 dengan hasil 100 persen dalam pengabdian kepada masyarakat,” kata Dandim.

Kades Metawana, Untung, didampingi Camat Pagentan, Erwan Adi, mengucapkan terima kasih atas pengabdian prajurit TNI yang telah membersamai warganya dalam membangun desanya.
“Kami atas nama warga mengucapkan terima kasih, Semoga kebersamaan ini akan terus berlanjut,” kata Kades Untung.

Acara dilanjutkan dengan peresmian jalan desa dan Poskamling yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pemukulan kentong oleh bupati.

TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2020 ini mengangkat tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” Sinergitas dan kemanunggalan TNI – rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti ini menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, khususnya Desa Metawana Kecamatan Pagentan.

Dengan sasaran pokok pembuatan Rabat Beton dengan Panjang 887 meter, Lebar 3 meter, tinggi 0,20 meter. Pembuatan Drainase Panjang 395 meter, Lebar 0,30 meter, Tinggi 0,40 meter. Pembuatan Talud Gendong Panjang 129 meter, Lebar 1,10 meter, Tinggi 1,40 meter. Pembuatan Talud Panjang 230 Meter, Lebar 0,45 Meter, Tinggi 2 Meter. Sasaran tambahan Pos Kamling 1 unit. *** (mjp).

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RADIO SUARA BANJARNEGARA *support firefox browser