Forum Kesehatan Desa Berperan dalam Percepatan Penanganan Covid-19

BANJARNEGARA – Forum Kesehatan Desa / Kelurahan mengambil peran penting pada situasi pandemi Covid-19 dalam percepatan penanganan dan pencegahan penularannya. Forum Kesehatan Desa/kelurahan merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa atau kelurahan untuk merencanakan, menetapkan, koordinasi dan penggerak kegiatan serta monitoring evaluasi pembangunan kesehatan di desa/kelurahan.

Demikian disampaikan Drs. Indarto, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara pada pertemuan Optimalisasi Peran Forum Kesehatan Desa / Kelurahan dalam Percepatan Penanganan Covid-19 di Sasana Bhakti Praja Setda, Senin (13/07).

“Keberadaan forum dengan pelindung Kepala Desa/Lurah diharapkan dapat melaksanakan fungsinya secara maksimal dengan memberdayakan fungsi koordinator didalamnya” katanya.

Sebagai Pedoman dalam pelaksanaan fungsi tersebut, diantaranya adanya Instruksi Gubernur Jawa Tengah selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nomor 1 Tahun 2020 tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Percepatan Penanganan Covid-19 di Tingkat RW melalui Pembentukan Satgas Jogo Tonggo. Seperti diketahui bahwa Provinsi Jawa Tengah sudah mendistribusikan Paket Jogo Tonggo ke seluruh Desa/Kelurahan di Jawa Tengah termasuk di Kabupaten Banjarnegara.

“Manfaatkan paket Jogo Tonggo sesuai dengan peruntukkannya” katanya

dr. Latifa Hesti Purwaningtyas, M.Kes, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara berharap Forum Kesehatan Desa/Kelurahan mampu mengambil peran berdasarkan fungsi koordinator di masing-masing desa/kelurahan pada struktur Desa Siaga Aktif.

“Melalui Desa/Kelurahan Siaga Aktif Kesehatan diharapkan percepatan penanganan Covid-19 dapat lebih efektif dan tepat sasaran” katanya

Dia menjelaskan, kegiatan Optimalisasi Peran Forum Kesehatan Desa / Kelurahan dalam Percepatan Penanganan Covid-19 diikuti oleh 312 peserta dan terbagi menjadi 6 angkatan, mereka merupakan pelaksana promosi dan pemeberdayaan kesehatan Puskesmas dan Ketua Forum Kesehatan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Banjarnegara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program terkait Percepatan Penanganan Covid-19 di setiap desa/kelurahan diantaranya Adaptasi Kebiasaan Baru di Era Pandemi Covid-19” katanya. *** (Sudin)

Artikel Terkait…

2 Komentar

  1. faisal ramdani

    semangat terus pak semoga covid 19 hilang dari muka bumi ini

    Balas
  2. Faris

    Semoga covid cepat hilang, pola makan harus dijaga untuk menghadapi covid, pendampingan ahli gizi bisa bermanfaat sirka.io

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.