7 September 2020 Jam 17:19

Sinergi pendataan BPUM dan program KUR Supermi (Super Mikro) Dinas Perindagkop UKM dengan BRI Banjarnegara

BANJARNEGARA – Untuk menggerakkan sektor produktif melalui skema perluasan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) salurkan bantuan Tunai Langsung subsidi senilai Rp. 2,4 juta yang ditransfer langsung ke rekening pemilik UMKM. pemberian bantuan tersebut dimaksudkan agar pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 bisa kembali melanjutkan usahanya. Pernyataan ini disampaikan Kepada Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Banjarnegara Joi Setiawan, S.Sos, M.Si saat bertemu dengan Jajaran BRI Banjarnegara diruangannya dalam rangka Koordinasi terkait Bantuan Produksi Usaha Mikro ( BPUM) dan pelaksanaan Program KUR Super Mikro (Super Mi).

Joi Setiawan, S.Sos, M.Si menjelaskan syarat mendapatkan BLT tersebut antara lain harus memiliki usaha sendiri dan masih berjalan atau berproduksi hingga sekarang, sudah berwirausaha sebelum Covid-19, memiliki rekening tabungan di bank dengan saldo maksimal Rp. 2 juta, memiliki omset maksimal 300 juta/tahun, tidak dalam pembiayaan bank atau menerima kredit termasuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) , bukan ASN, TNI/POLRI maupun pegawai BUMN/BUMD, diusulkan oleh instansi Pengusul yaitu Disperindagkop UKM Banjarnegara melalui desa/kelurahan setempat.

Ditanya soal pencairan BLT UMKM, Joi Setiawan ,S.Sos, M.Si mengatakan pihaknya tidak dapat memastikan karena itu merupakan keputusan pemerintah pusat. Data per 27 Agustus 2020 Disperindagkop UKM kabupaten Banjarnegara telah mengusulkan 63.173 peserta dari kuota 12 juta pelaku UMKM se-Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama jajaran BRI juga memaparkan tentang program KUR Super Mikro ( Super Mi ) yang nantinya UMKM bisa diberi kucuran kredit maksimal 10 juta tanpa jaminan. “Diberharap kerjasama dan koordinasi dengan BRI Banjarnegara kedepan lebih ditingkatkan untuk pelayanan terbaik masyarakat Banjarnegara” ujar Kadinas (at)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *