11 September 2020 Jam 17:33

Puskesmas Rakit 2 Jalankan Metode Rockport untuk ASN

BANJARNEGARA – Dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini, kebugaran jasmasi sangat penting. Apalagi dalam meningkatkan ketahanan dan imunitas tubuh manusia.

Dalam rangka itulah, Puskesmas Rakit 2 melakukan Metode Rockport ini kepada ASN dan di sekitar lingkungan kerjanya, Kamis (10/9/2020) di lapangan Desa Lengkong Kecamatan Rakit. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan.

Metode rockport sendiri adalah satu metode yang dapat dilakukan untuk mengukur kemampuan jantung dan paru-paru seseorang pada kisaran usia 20 hingga 69 tahun. Adapun metode tersebut adalah dengan cara berjalan cepat sejauh 1,6 kilometer atau sesuai kemampuan.

Hadir pada kegiatan ini Camat Rakit, Barijadi Djumpaedo beserta Forkompinca Rakit, dan ketua KONI Banjarnegara, Nurohman Ahong, serta para ASN Puskesmas Rakit 2.

Kepala Puskesmas Rakit 2 Kabupaten Banjarnegara, Khusnul Khotimah, mengatakan tujuan metode ini adalah untuk menguji fungsi jantung dan paru yang hasilnya tentu untuk mengetahui tingkat kebugaran ASN di wilayah kerjanya.

“Kami melakukan test kebugaran untuk ASN, dan karyawan lintas sektoral,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa program latihan fisik untuk meningkatkan kebugaran, mulai dari jalan santai, jalan cepat, jogging, sepeda santai, aerobik hingga olahraga berat lainnya.

“Untuk latihan yang baik, frekuensi dapat dilakukan 4 hingga 5 kali dalam sepekan, dimana intensitas denyut nadi berkisar antara 130 hingga 150 per menit dengan lama latihan inti 40 menit hingga 1 jam,” katanya.

Ketua KONI Banjarnegara, Nurohman al Ahong mengatakan, kebugaran jasmani sangat penting bagi semua orang, sebab dengan kebugaran jasmani yang baik, maka orang dapat melakukan pekerjaan atau aktifitas dengan baik.

“Kebugaran jasmani ini adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari secara efektif dalam jangka waktu relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan. Sehingga upaya peningkatan kebugaran jasmani ini menjadi sangat penting bagi semua masyarakat,” kata Ahong.

Dia juga memberikan apresiasi terhadap Puskesmas Rakit 2 yang sudah menggandeng berbagai sektor yang ada di wilayahnya untuk melakukan gerakan olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

“Metode ini cukup baik, karena ada tahapan dan pengukuran kemampuan setiap individu dalam meningkatkan kebugaran jasmani, meraih prestasi prima,” pungkasnya.*** (mjp)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *