3 Oktober 2020 Jam 06:07

TP PKK Banjarnegara Ajak Gowes Sehat Lawan Corona

BANJARNEGARA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan gowes bareng, untuk mengajak masyarakat bangkit melawan corona pada Jumat pagi (2/10/2020).  Kegiatan diikuti oleh pengurus dan anggota organisasi wanita PKK, Dharma Wanita, Kepala OPD, dan masyarakat umum, dengan protap kesehatan. Dari 200 peserta diberangkatkan per 10 penggowes dengan jarak yang diatur.

Gowes dimulai dari lapangan bola Kompleks Balai Latihan Kerja (BLK) Klampok, menempuh jarak 15 kilometer. Rutenya start dari klampok – kalilandak – Kecitran – Pagak – Purwasaba – dan finish di Desa Simbang Kecamatan Mandiraja.

Ketua Tim Penggerak PKK Banjarnegara, Marwi Budhi Sarwono, mengatakan kepada media, bahwa gowes ini merupakan ajang sosialisasi edukasi supaya warga tidak panik menghadapi virus corona.

Dia juga mengajak masyarakat untuk tetap optimis di tengan pandemi. “Yang kita hadapi sekarang bukan saja virus corona, tapi sikap kita menghadapi corona. Waspada harus, tapi jangan panik,” ucap Marwi.

Istri bupati Budhi Sarwono ini menambahkan, gowes dipilih sebagai ajang sosialisasi edukasi melawan Corona karena bersepeda merupakan olah raga yang akrab dan merakyat. Banjarnegara, katanya, juga sangat ideal untuk bersepeda karena infrastruktur jalan sudah halus dan pemandangan alamnya indah.

“Kalau masyarakat gemar berolah raga, seperti gowes dan diimbangi makan bergizi, pastinya badan akan menjadi sehat dan corona akan minggat,” jelasnya.

Adapun anggota DPRD Banjarnegara, dr Amalia Desiana, yang mengikuti gowes menyampaikan, bahwa salah satu cara mencegah virus Corona adalah dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, harus rajin berolah raga dan istirahat cukup supaya tubuh sehat dan kuat.

“Jaga kebersihan lingkungan dan selalu cuci tangan dengan sabun tentunya dengan air mengalir, juga jangan merokok,” kata wanita yang akrab disapa Dokter Amel ini.

Dokter Amel juga mengajak masyarakat dan komunitas sepeda untuk menjaga hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan, serta gemar menanam tanaman obat dan bunga di pekarangan masing-maing.

Warga Klampok, Agung Satria, sangat senang dengan sosialisasi edukasi menghadapi Covid-19 melalui Gowes ini.

Kegiatan ini, kata dia, akan meningkatkan pengetahuan warga guna menghadapi virus Corona. Pada acara ini masyarakat juga diajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. ***(mjp)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *