12 Oktober 2020 Jam 23:53

Jalan Wanasari – Pesangkalan, Dulu Hanya Setapak Kini Sudah Jadi Jalan “Betulan”

BANJARNEGARA – Jalan Kabupaten di Jalur Wanasari – Kepetek – Pesangkalan yang dulu rusak parah, kini telah mulus berseri. Bupati Budhi Sarwono, Selasa (14/10/2020) melakukan cek pembangunan jalan di jalur tersebut yang progresnya sudah 90 persen.
Jalur ini merupakan alternatif baru menuju Pesangkalan di Kecamatan Pagedongan yang sudah ada akses menuju Kabupaten Kebumen. Melewati jalur ini bisa ditempuh dari arah timur Banjarnegara, tepatnya dari Kelurahan Semarang dan Argasoka, Kecamatan Banjarnegara, naik melintasi hutan milik Perhutani, kurang lebih 11 kilometer.

Budhi Sarwono mengatakan, ruas jalan tersebut satu jalur dengan Pesangkalan – Sadang yang merupakan batas Kabupaten Kebumen.
Diceritakannya juga bahwa dalam pembukaan jalan beberapa waktu yang lalu, Pemkab memerlukan ijin dari Perhutani yang prosesnya tidak sebentar.

Ruas jalan ini dimulai dari Dusun Wanasari di Kelurahan Argasoka yang sejak awal sudah bagus. Sedangkan pembangunan dimulai dari Dusun Kepetek, yaitu dari pertigaan Wanasari lurus ke kiri sejauh tiga kilometer arah selatan tepatnya. Dari sana awalnya kondisinya hanya berupa jalan setapak.
“Dulu jalan ini berupa jalan setapak yang menembus hutan sepanjang dua kilometer. Sekarang kondisi jalan sudah halus, satu lapis aspal lagi tapi sudah bisa dilewati,” kata Bupati.
“Prosesnya kita kepras tebing-tebingnya, jalan setapak dilebarkan dan disatukan dengan jalan hutan sehingga kini sudah jadi jalan betulan,” ujarnya.

Budhi menambahkan, dibangunnya jalan tersebut disamping membuka akses, juga meningkatkan ekonomi masyarakat serta penyebaran penduduk,
“Dengan dibukanya jalan, orang akan minat punya rumah di desa, dan tanah di sini akan pengaji, jadi nilai ekonominya juga tinggi. Jalan bagus juga dibutuhkan untuk akses perdagangan dua daerah,” imbuhnya.

Ahmad, warga Wonosobo yang sedang melintas di jalan tersebut mengaku sangat senang dengan kondisi jalan sekarang, karena sangat memudahkan transportasi dia hampir tiap hari melewatinya.
“Alhamdulillah, hari ini kami bawa kapulaga, dari Pesangkalan ke Wonosobo. Semula harus memutar, kini sangat cepat lewat sini,” kata Ahmad.

Kondisi jalan Wanasari-Kepetek hawanya segar dengan pemandangan hutan yang hijau dan asri banyak burung burung beterbangan di sini asyik sekali melewati jalur ini. Pemancar televisi dan telekomunikasi juga banyak didirikan di wilayah ini.

Kecamatan Pagedongan pada APBD tahun anggaran 2020 ini digelontor Rp. 29,1 miliar untuk peningkatan jalan dan pemeliharaan meliputi 4 paket dengan masa pengerjaan 210 hari kalender. Jalan Wanasari-Kepetek dianggarkan Rp 8 milyar, kini progresnya sudah mencapai 90 persen. ***(mjp)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eryaman escort