15 Oktober 2020 Jam 15:51

Pertumbuhan Ekonomi Daerah Topang Angka Pertumbuhan Ekonomi Nasional

BANJARNEGARA – Pertumbuhan ekonomi di daerah menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, kesejahteraan masyarakat dan penghidupan yang layak adalah hak bagi setiap warga negara, terlebih pertumbuhan ekonomi di daerah akan menjadi penopang angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Demikian disampaikan Ir. Singgih Haryono, Asistem Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara pada saat membacakan sambutan Bupati Banjarnegara pada acara Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Triwulan III Tahun 2020 di Sasana Bhakti Praja Setda, Kamis (15/10).

“Disaat pandemi Covid-19 seperti ini, berbagai upaya untuk mewujudkan stabilitas dan tumbuhnya perekonomian perlu dilakukan, oleh sebab itu pemerintah pusat bersama pemerintah daerah memberikan bantuan kepada masyarakat” katanya.

Dia menjelaskan, Perkembangan ekonomi beriringan dengan adanya laju inflasi baik di tingkat nasional maupun di daerah. Selain itu, angka inflasi dapat memberikan penjelasan bahwa roda perekonomian di suatu daerah berputar dengan baik atau tidak.

“Untuk itu perlu kiranya pertumbuhan dan perkembangan laju inflasi dalam suatu daerah untuk dapat diketahui pada setiap saatnya yang selanjutnya untuk dievaluasi dan dijadikan tumpuan dalam mengambil sebuah keputusan strategis yang baik yang berpihak kepada perekomian di masyarakat” katanya.

Menurutnya Rakor TPID sangat perlu dilaksanakan, karena Rakor TPID yang yang terkonsep dan tersusun serta berdampak baik bagi pertumbuhan Ekonomi dan stabilitas laju inflasi juga dapat menjadi bukti bahwa Tim TPID di daerah melakukan kewajibannya untuk kemaslahatan orang banyak.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Banjarnegara, Drs. Arif Suhanda mengatakan tujuan diselenggakannya Rakor TPID Triwulan III Tahun 2020 yakni untuk menyajikan data evaluasi tingkat inflasi sampai dengan Triwulan III Tahun 2020 di Kabupaten Banjarnegara dari BPS. Selain itu, agar terlaporkannya data kegiatan 4K – Inflasi dari Organisasi Perangkat Daerah.

“Kegiatan ini bertujuan agar terlaporkannya data harga kebutuhan pokok (Sihati) dan sebelas kebutuhan pokok ketahanan pangan dalam rangka recovery Covid-19 guna berlangsungnya pangan daerah” katanya. * (Sudin)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *