21 Oktober 2020 Jam 19:17

Bupati Resmikan Pulas Garden 234, Pokdarwis Sipedang pun Dilantik

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono hari ini, Rabu (21/10/2020) meresmikan obyek wisata keluarga dan taman sehat Pulas Garden 234 di Desa Sipedang Kecamatan Banjarmangu.  Obyek wisata berbasis alam ini merupakan taman asri yang ditanami aneka tanaman obat keluarga (Toga) yang berkhasiat. Di sini tidak kurang 234 jenis tanaman untuk obat-obat herbal tradisional tumbuh subur dengan diberikan deskripsi khasiatnya serta seluk-beluk setiap tanamannya sehingga pengunjung dapat mengetahui manfaatnya masing masing.

Menurut Kades Subagio didampingi Agung Biantoro, pengelola Pulas Garden, gagasan dibangunnya taman ini berasal dari tokoh masyarakat, Mahud. Kemudian di-support oleh tokoh masyarakat dan pemuda dan mendapat dukungan dari dana Bumdes sebesar Rp 40 juta.
“Dana itu untuk membangun dan membeli tanaman. Hingga saat ini kami mengeluarkan dana pribadi kami untuk melengkapi kekurangannya,” katanya.

Menariknya, selain sebagai lahan pengetahuan tentang tanaman obat, spot-spot di area Pulas Garden sangat menarik untuk selfie dan instagramable. Pengunjung juga dimanjakan hadirnya waterboom sehingga bisa bermain air sambil menikmati pemandangan alam pegunungan dengan harga tiket masuk hanya Rp 10 ribu per orang.
“Pengunjung dijamin puas menikmati sajian di sini. Rata-rata pengunjung datang dari Banjarnegara Purbalingga, Wonosobo dan bahkan Pekalongan. Pengujung pun wajib menaati imbauan pemerintah, yaitu mematuhi protokol kesehatan. Untuk saat ini karena masih dalam masa pandemi, pengunjung wajib mencuci tangan dan memakai masker,” paparnya.

Bupati Budhi Sarwono dalam kunjungannya merasa bangga dengan kreasi Desa Sipedang membuat taman keluarga yang sehat dan indah. Hal tersebut multiguna, bisa untuk wisata, sekaligus laboratorium hidup tanaman obat tradisional berkahsiat.
“Ini bisa jadi wisata edukasi. Semoga dengan diresmikannya Pulas Garden dapat mensejahterakan masyarakat yang berada di area wisata,” kata Bupati.

Ia juga berpesan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dapat mengelola wisata dengan baik dan profesional. Dari Pemkab siap mendukung.
“Insyaallah pemerintah baik pusat, propinsi dan kabupaten melalui Dinas Pariwisata siap mendukung rakyat untuk bersama-sama berjuang untuk menjadikan destinasi wisata unggulan di desa Sipedang ini,” katanya.

Peresmian Pulas Garden ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati, sementara itu di aula balai desa setempat juga dilantik Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa yang akan mengelola Pulas Garden.
Hadir melantik Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs Agung Yusianto. Agung berpesan agar Pokdarwis Pulas Garden bisa berkiprah memajukan desa dan tempat wisatanya.
Kegiatan dihadiri Forkompimda, para kepala OPD, Forkompinca Sipedang, tokoh masyarakat dan pokdarwis dari bebagai desa. ***(mjp).

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *