8 Februari 2021 Jam 20:19

Bupati Dukung Pengembangan Desa Wisata Gumelem Dinilai Berpotensi Tinggi Jadi Wisata Andalan

BANJARNEGARA – Bupati Budhi Sarwono siap mendukung pengembanan Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon Kecamatan Susukan menjadi desa wisata unggulan. Hal tersebut dikatakan bupati ketika melakukan kunjungan wisata di kedua desa tersebut, Senin (8/2/2021).

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Marwi Budhi Sarwono dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Buhdi Sarwono mengunjungi beberapa situs bersejarah, seperti Makam Ki Ageng Giri atau yang lebih sering disebut Girilangan, Makam Sunan Geseng, Masjid Agung peninggalan Walisongo, Sentra Batik Tulis, Kerajinan Pande Besi.

“Yang jelas Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sangat mengapresiasi kreativitas masyarakat terutama generasi muda yang telah mewarnai pembangunan wisata di Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon. Kami melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan siap melakukan fasilitasi dan pendampingan,” kata bupati.

Lebih lanjut, bupati akan mengupayakan pembangunan jalan-jalan menuju destinasi wisata yang masih rusak untuk memudahkan wisatawan yang berkunjung.

“Jujur saya trenyuh, masih ada jalan penting di desa ini yang kondisinya kurang layak. Semoga di tahun depan sudah kita bangun semuanya. Ini berpotensi tinggi jadi wisata andalan Banjarnegara,” ungkapnya di pendapa Sunan Geseng. di Dusun Trenggiling, Gumelem Kulon. Tempat ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dari pusat pemerintahan desa, namun jalan masih sangat terjal, sehingga harus menggunakan kendaraan jeep.

Suryanto, pemandu dan pegiat Pokdarwis Gumelem mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan desa wisata, guna mendukung program Pemkab Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Alhamdulillah, pemerintah kabupaten dan desa telah membangun dan membenahi infrastruktur jalan menuju lokasi wisata, sehingga kendaraan bisa parkir langsung di area wisata. Terima kasih Pak Bupati yang sudah rawuh dan melihat langsung kondisi jalan, Insyaallah siap membnatu membenahi jalan,” kat Suryanto.

Selain itu, pihaknya juga sedang menyusun strategi untuk mengoneksikan beberapa lokasi wisata yang ada, sehingga ingga 2021 Desa Gumelem siap menjadi salah satu destinasi wisata unggulan berskala nasional.

Pada kunjungan wisata tersebut Bupati dan rombongan disuguhi kuliner khas Gumelem, yakni Demplo dan cimplung. Bupati beserta ibu juga membatik di salah satu sentra batik tulis Gumelem.

Desa Gumelem selama ini dikenal sebagai desa budaya yang rutin menggelar beberapa acara rutin seperti Sadran Gede dan Gumelem Ethnic Carnival. Dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang ada, Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon berpacu untuk menjadi desa wisata alam, wisata religi, dan sentra batik unggulan yang ada di Kabupaten Banjarnegara. ***(mjp)

Artikel Terkait…

2 Komentar

  1. Su Trisno

    Alhamdulillah .semoga sukses selalu program programnya

    Balas
  2. Sudino

    Semangat dan bekerja keras demi mbangun desa tercinta

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.