23 Februari 2021 Jam 20:24

Forkopimda Banjarnegara “Nyekar”, Bupati ingatkan soal Jasmerah!

BANJARNEGARA – Menjelang perayaan Hari Jadi ke-450 tahun Kabupaten Banjarnegara, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, beserta Forkompinda dan tokoh masyarakat berziarah ke makam para Bupati pendahulu. Ziarah dilakukan sejak Selasa (23/2/2021).

Adapun untuk tahun ini rute ziarah dimulai dari Kompleks Makam Bupati di Kuwondogiri (Blambangan), Pucang, Makam Gotong Royong, Makam Sarean (Petambakan) dan Kauman.

Prosesi diawali dengan nyekar ke makam K.R.T Joyonegoro I, Kwondogiri Desa Blambangan serta kompleks makam Tumenggung Dipayuda dan Bupati Aria Soemitro Kolopaking di Purbayasa, Pucang Kecamatan Bawang. Ziarah dilanjutkan
ke Makam Bupati Soedjirno di Pemakaman Gotong Royong Kelurahan Kutabanjarnegara. Kemudian menuju Makam Tumenggung Mangunyuda atau yang lebih dikenal dengan julukan “Sedaloji” di Dukuh Sarean Desa Petambakan Kecamatan Madukara, terakhir ke makam KRT Dipodiningrat di kompleks belakang Masjid An Nur Kauman.

Bupati Budhi Sarwono mengatakan, kegiatan ziarah ke makam para leluhur, dan mantan bupati Banjarnegara ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para Bupati Banjarnegara terdahulu.

“Ingatlah selalu nasihat Bung Karno yang dikenal dengan Jasmerah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Makam ziarah ini rutin dilakukan setiap tahun, untuk menghormati dan mengenang sejarah dan jasa-jasa para Bupati Banjarnegara pendahulu,” katanya.

Menurut bupati, dengan berziarah, generasi sekarang berarti memberikan penghormatan kepada para tokoh yang pernah menjadi pemimpin Banjarnegara masa lalu, sehingga Banjarnegara menjadi maju seperti sekarang.

“Adanya kita seperti sekarang, adalah juga berkat jasa mereka, yang pernah mewarnai perjuangan dan pembangunan di masa lalu,” imbuhnya.

Turut serta dalam ziarah itu Wabup Syamsudin S.Pd M.Pd, Dandim 0704 Letkol Sujeidi Faisal, Wakapolres Kompol Eko Yulianto, Kajari Sigid J Pribadi, Ketua DPRD Ismawan Setya Handoko. dan Sekda Drs Indaro.

Ziarah bukan hanya dilakukan di makam dalam kota. Tanggal 24 Februari besok, Bupati Budhi Sarwono dan jajarannya juga berziarah ke makam bupati Banjarnegara yang ada di luar kota, yakni Pemalang, yakni Bupati Endro Suwaryo, Bupati Suwaji di Sleman, Bupati Sudibyo di Purwokerto, Bupati Winarna Surya Adi Subrata di Solo dan Bupati Nurachmad di Semarang. ***

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *