Ratih Pratiwi, Guru Kreatif Berprestasi Nasional

Sepenggal lagu “Bunga-Bunga Bangsa” mengalun merdu, dibawakan penuh penghayatan oleh seorang guru muda, Ratih Pratiwi, S. Pd. Sehingga lagu gubahan Nanna Valanza itu begitu mengena di hati. Tak heran, jika lagu itu mengantarkan Bu Ratih guru seni budaya SMP Negeri 2 Banjarnegara menyabet Juara 1 Lomba Nyanyi Solo (Tunggal) Tingkat Nasional tahun 2021.

Ajang bergengsi itu diselenggarakan oleh Pengurus Besar PGRI melalui Bidang Perempuan dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021, Mei lalu. Ratih yang didapuk mewakili PGRI Provinsi Jawa Tengah berhasil menjadi juara nasional. Sebelumnya, pada babak semi final, diikuti 32 provinsi, dan di babak final tersisa 10 provinsi yang bersaing ketat.

Atas pencapaian tersebut, Bu Ratih, sapaan akrabnya, merasa bangga bisa mempersembahkan prestasi untuk kabupaten Banjarnegara sekaligus untuk Jawa Tengah. Ia tak menyangka terpilih menjadi yang terbaik, karena dalam pengamatannya, penampilan para peserta baik pada babak semi final maupun final bagus-bagus. Apalagi video lagunya diputar terakhir. Lomba tersebut memang digelar secara virtual melalui platform YouTube dan zoom.

“Alhamdulillah, tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Banjarnegara, Jawa dan Indonesia Tengah pada umumya, atas doa dan dukungan dalam proses voting. Tentunya untuk Pemkab, Dinas, keluarga dan teman-teman, saya ucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya,” ucap Bu Ratih, kelahiran 1 Mei 1985.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, secara khusus memberikan selamat apresiasi atas prestasi tersebut. Bupati juga berharap Bu Ratih bisa meningkatkan kreativitasnya untuk kemajuan anak didiknya.

Sejak lama, Bu Ratih memang dikenal piawai dalam berolah suara, sehingga akrab dengan piala dan prestasi pada bidang yang digelutinya itu. Namun, ia menyadari, bagaimanapun harus mengutamakan tugasnya sebagai pendidik bagi “bunga-bunga bangsa”, yakni siswa-siswinya di SMP 2 Banjarnegara, sekolah yang juga pernah mengukir prestasi sebagaai sekolah adiwiyata nasional.

“Belajar, berdiskusi dan berkegiatan dengan anak-anak Esphero (SMP 2 Banjarnegara-Red), adalah momen yang menyenangkan. Sebagai guru, kami semua selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan kepada peserta didik, karena mereka juga bunga-bunga bangsa, pemegang masa depan negeri ini. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, guru dituntut kreatif. Kami para guru ikut senang jika siswa-siswi kami bisa tergali potensinya sehingga bisa berprestasi, tumbuh karakter serta kepercayaan dirinya,” ungkap Bu Ratih yang juga mengelola channel youtube “Atih TV”. Kanal itu dimanfaatkannya untuk berbagi media pembelajaran sesuai mapel yang diampu, yakni seni musik.

“Saya percaya, Ridho Allah adalah juga karena Ridho orang tua. Karena itu saya berterima kasih kepada keluarga dan kedua orang tuaku yang selalu mendoakanku sehingga bisa berdiri tegar untuk mengabdi dan menghadapi tantangan zaman ini,” ungkapnya, seperti ingin menuntaskan lirik lagu “Bunga-Bunga Bangsa” sembari bersenandung :

Hadapi semua tantangan negeri
Jawablah semua mampukan diri
Jadilah wanita berkharisma
Bunga-bunga bangsa…..

Penasaran? simak Bu Ratih bernyanyi di Channel Youtube-nya. ATIH TV. *** (mjp)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *