26 Agustus 2021 Jam 15:12

Desa Kalilunjar Juara 1 Lomba Administrasi Desa Tingkat Kabupaten

BANJARNEGARA – Desa Kalilunjar Kecamatan Banjarmangu meraih Juara 1 Lomba Administrasi Desa Tingkat Kabupaten Banjarnegara. Piala Juara 1 Lomba Administrasi Desa diserahkan oleh Bupati Budhi Sarwono yang diterima Kades Kalilunjar, Slamet Rahardjo al Sakum, Kamis (26/8/2021) di Cafe Tikako Kalilunjar.

Adapun untuk Juara 2 diraih oleh Desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan, sementara Juara 3 disabet Desa Petambakan Kecamatan Madukara.

Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara, Hendro Cahyono, SE. M.Si, menjelaskan lomba tersebut berupa kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada seluruh Desa di Kabupaten Banjarnegara dalam hal tertib administrasi. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai strategi Pemerintah Daerah dalam mendorong dan menjaga stabilitas kinerja Pemerintah Desa dalam masa Pandemi ini.
“Perlu Kami laporkan bahwa Pelaksanaan Evaluasi ini, Kami konsep dalam bentuk diperlombakan, dengan maksud agar para Pemerintah Desa dalam menerapkan tertib administrasi menjadi semakin baik dan bersemangat. Dari hasil penilaian Kami di lapangan, dapat dikatakan bahwa secara umum penyelenggaraan Pemerintahan Desa dalam hal tertib administrasi sudah baik,” katanya.

Dalam sambutannya, Bupati Budhi Sarwono mengatakan, penilaian lomba Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun desa dan membenahi administrasi pemerintah desanya.

Adapun Kades Kalilunjar, Slamet Rahardjo al Sakum, kepada media mengatakan sangat bersyukur desanya bisa menjadi juara 1 dalam Lomba Administrasi Desa tingkat kabupaten.
“Saya juga mengapresiasi teman-teman perangkat desa dan warga kami yang telah bahu-membahu sehingga menjadi yang terbaik setelah dinilai oleh tim lomba bergengsi itu,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia atas nama warganya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Banjarnegara yang telah menyalurkan dana JPS kepada desa Kalilunjar.

“Saya selaku kades Kalilunjar mewakili masyarakat desa mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, terutama kepada Bupati Budhi Sarwono yang telah menentukan kebijakan yang tepat, yaitu memberikan JPS dan sudah tersalurkan secara disiplin. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami, ibarat memelihara burung di kandang dan Beliau ngasih pakan yang berkualitas sehingga burung tersebut bisa berkicau secara cerdas. Banjarnegara bermartabat dan sejahtera, amin,” pungkasnya.

Dalam Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala OPD terkait, Camat Banjarmangu beserta Forkompincam, Kepala Desa Se-Kecamatan Banjarmangu, dan perwakilan desa yang meraih juara tersebut,  juga di-launching Sistem Pengelolaan Informasi Potensi Desa di Kabupaten Banjarnegara (SIDARA) oleh Bupati Banjarnegara. (mjp/bws)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *