17 September 2021 Jam 18:44

Cetak ASN Profesional Melalui Pelatihan Kepemimpinan

BANJARNEGARA – Penyelenggaraan pemerintahan yang baik didukung oleh kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional. Salah satu upaya untuk mewujudkan aparatur yang profesional adalah melalui pendidikan dan pelatihan kepemimpinan.

Hal tersebut disampaikan oleh Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin saat memberikan sambutan pada kegiatan Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VI tahun 2021 di Sasana Bhakti Praja Setda Banjarnegara, Jumat (17/9).

Lebih lanjut dia menyampaikan, pelatihan kepemimpinan merupakan proses bagi ASN dalam melengkapi persayaratan kompetensi kepemimpinan sesuai dengan jenjang jabatan strutural tertentu. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan serta sikap.

“Tujuan pelatihan agar peserta dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika yang baik,” katanya

Dalam kesempatan ini, Syamsudin memberi apresiasi kepada para peserta yang telah membuat berbagai inovasi dalam pelatihan ini. Dia menginginkan inovasi baru dari para peserta dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di instansi masing-masing guna meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

“Inovasi yang telah dibuat agar diterapkan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya

Pelayanan publik yang prima mutlak dibangun. Menurutnya, hal itu berdampak positif terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah karena akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dia juga berharap ilmu yang didapat para peserta dalam pelatihan tidak hanya menjadi teori yang sia-sia saja, tetapi juga harus dipraktekan dalam kinerja agar berguna bagi diri sendiri maupun di lingkungan kerja.

“Selamat bertugas. Jadilah sosok teladan bagi orang-orang disekitar dan jadilah motor penggerak bagi jalannya roda pemerintahan di Banjarnegara,” tuturnya

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banjarnegara, Yusuf Agung Prabowo mengatakan, BKD Banjarnegara bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrasi ini sejak 7 Juni sampai dengan 16 September 2021.

“Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka dan daring,” jelasnya

Berdasarkan penilaian dari tim penyelenggara, sebanyak 30 peserta dari para pejabat administrator di lingkungan Pemkab Banjarnegara dinyatakan lulus semua.

“Tiga peserta mendapatkan predikat lulus dengan nilai sangat memuaskan sedangkan dua puluh tujuh lainnya mendapatkan predikat memuaskan,” terangnya. (amar)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *