30 Desember 2021 Jam 03:24

Pemkab Banjarnegara dan BBWS Serayu Opak Jalin Kerjasama Pembangunan Penyediaan Air Baku Kali Ori

BANJARNEGARA – Pemkab Banjarnegara bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang pembangunan penyediaan air baku Kali Ori Desa Prigi Kecamatan Sigaluh. Penandatangan dilakukan oleh Plh Bupati Banjarnegara dan Kepala BBWS Serayu Opak di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, Rabu (29/12).

Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro meyampaikan rencana alokasi air baku untuk penyediaan air baku Kali Ori telah disepakaiti sebesar 100 liter/detik.

Ketersediaan air pada Kali Ori ini akan dipergunakan untuk berbagai kepentingan, meliputi pemenuhan kebutuhan air baku dan air minum serta irigasi.

“Ini merupakan kerjasama antara BBWS Serayu Opak dengan Pemkab Banjarnegara dalam pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu air,” katanya

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya adanya penyediaan air baku Kali Ori ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih.

“Terima kasih untuk BBWS Serayu Opak, PDAM dan dinas terkait atas upayanya dalam mengawal kegiatan ini hingga terjadi kesepakatan yang akan memberi manfaat bagi masyarakat Banjarnegara,” ungkapnya

Bahar Ibnu Hajar, Direktur PDAM Banjarnegara menyampaikan penandatanganan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan pra pembangunan penyediaan air baku Kali Ori Desa Prigi. Penyediaan air baku Kali Ori akan dilakukan BBWS Serayu Opak di tahun anggaran 2022 dengan pagu anggaran sebesar 20 Milyar dari dana APBN.

Dia mengatakan, perencanaan teknis dan non teknis sudah dilakukan dengan matang, sehingga dia mengharapkan optimalisasi kegiatan agar bisa memberi manfaat yang maksimal.

“Program ini akan meningkatkan cakupan air kepada masyarakat sebanyak 36%,” ujarnya. (amar)

Artikel Terkait…

2 Komentar

  1. Beritaken

    Min, gawe aplikasi khusus info Banjarnegara

    Balas
  2. BantenDay

    Keren. Semoga daerah kami juga bisa mendapatkan program yang serupa.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.