18 Mei 2022 Jam 17:46

Halal Bihalal dan Pengukuhan Pengurus Juang Kencana Banjarnegara

BANJARNEGARA – Pengurus Juang Kencana (Juken) Kabupaten Banjarnegara masa bakti 2022-2025 dilantik oleh Ketua Juang Kencana Provinsi Jawa Tengah, Dra. Tjoondrorini, M.Kes, di Lahan Dahar Surya Yudha Park 2, Rabu (18/5/2022). Selain itu juga diserahkan penghargaan juara tingkat nasional cipta lagu mars Juang Kencana atas nama Rafinsha Rahmania, S.Pd yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Juang Kencana Pusat.

Juang kencana Kabupaten Banjarnegara merupakan perkumpulan pensiunan PLKB dan pegawai BKKBN. Berdasarkan Surat Keputusan pengurus perkumpulan Juang Kencana Provinsi Jawa Tengah nomor : 011/JuKen-JT/V/2022 tanggal 5 Mei 2022 yang dibacakan Sekretaris Juang Kencana Provinsi Jawa Tengah Trikoyo, ditetapkan Pengurus Juang Kencana Kabupaten Banjarnegara periode 2022 s/d 2025 Ketua Imam Judantoro, Sekretaris Sukiman dan Bendahara Rubina Islam Kartini.

Plt. Bupati Banjarnegara yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Hendro Cahyono, dalam sambutannya menyampaikan selamat atas dikukuhkannya pengurus Juken Kabupaten Banjarnegara dan juga kepada pemenang lomba cipta lagu mars Juang Kencana sebagai juara tingkat nasional.

“Dengan dikukuhkannya pengurus Juken Kabupaten Banjarnegara semoga ada peningkatan partisipasi aktif pengurus dan para anggota perkumpulan Juken Kabupaten Banjarnegara di lingkungan masyarakat dalam mendukung program keluarga berencana di Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Hendro Cahyono juga mengapresiasi atas terbentuknya perkumpulan Juken Kabupaten Banjarnegara yang baru, selamat dan sukses atas pelantikan pengurus Juken Kabupaten Banjarnegara. Dia berharap perkumpulan Juken Banjarnegara mampu menjalin kerjasama yang baik dengan pihak terkait, sehingga dapat berperan dan membantu serta menyumbangkan tenaga dan pikiran sesuai dengan kompetensi dan pengalaman anggota dalam program pengendalian penduduk dan KB serta penanganan stunting. Karena saat ini penyuluh KB di Kabupaten Banjarnegara hanya 31 orang di 20 Kecamatan.

“Saya berharap anggota Juken secara proaktif dapat menyumbangkan tenaga dan pemikiranya mengambil peran aktif sebagai penggerak untuk membantu pemerintah dan masyarakat mengembangkan program KB di lingkungan tempat tinggalnya, ikut membantu dalam penanganan stunting, sehingga kasus stunting di Banjarnegara bisa turun,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hendro menjelaskan saat ini masalah stunting di Kabupaten Banjarnegara mencapai 23,6%, Banjarnegara ditargetkan tahun 2024 harus bisa menurunkan kasus stunting hingga 14%.

Sementara itu, Ketua Juken Pusat, Pristi Waluyo, juga menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus baru Juken Kabupaten Banjarnegara. Kami ucapakan terimakasih banyak kepada OPD terkait serta kawan-kawan kepanitiaan yang telah mensukseskan acara ini.

Acara ini merupakan silaturahmi dalam rangka temu kangen keluarga besar Juang Kencana Pusat, Juang Kencana Provinsi Jawa Tengah dan Juang Kencana Kabupaten Banjarnegara.

“Harapan kami potensi dari Juken ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menyumbangkan tenaga dan pemikirannya di lingkungan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam program pengendalian penduduk dan keluarga berencana. Kedepannya, regenerasi kepengurusan terus dikembangkan dalam merekrut anggota baru untuk melanjutkan kepengurusan berikutnya, sehingga kesinambungan organisasi ini terus berjalan,” ungkapnya.*****(bagus).

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.