17 Juni 2022 Jam 17:17

Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini

Pendidikan tidak hanya berbicara tentang peningkatan dari segi intelektual saja, tetapi juga bagaimana membangun karakter agar anak didik menjadi manusia yang memiliki moral yang baik dan akhlak yang mulia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Yayasan Dian Dharma Kabupaten Banjarnegara, Sri Rejeki saat memberikan sambutan pada acara Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 21 Dian Dharma di Pendapa Dipayudha Adigraha, Jumat (17/6).

Lebih lanjut dia mengatakan, Yayasan Dian Dharma yang saat ini menaungi 150 Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi se Kabupaten Banjarnegara berkomitmen untuk menjadikan pendidikan karakter sebagai program pembelajaran untuk meningkatkan kualitas anak usia dini.

Menurut Sri, usia dini merupakan momen emas dimana perkembangan otak anak berjalan sangat pesat. Hal ini menjadi waktu yang tepat untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak.

Diharapkan melalui pendidikan karakter akan menumbuhkan perilaku terpuji pada anak, baik perilaku kepada orang tua, perilaku sebagai warga negara yang baik serta perilaku saat berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan.

“Pendidikan karakter bertujuan agar anak bisa menerapkan hal-hal yang baik dalam kehidupan sehari-hari,” katanya

Dalam kesempatan ini, Teguh Handoko, Plt Kepala Inspektorat Banjarnegara yang mewakili Pj Bupati Banjarnegara menyampaikan, mengajarkan pendidikan karakter pada anak usia dini bukan hal yang mudah bagi para guru TK. Perlu dilakukan pendekatan yang penuh kelembutan dan rasa cinta.

“Karena guru selain sebagai pendidik juga menjadi orang tua siswa di sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, kata Teguh, guru juga menjadi teladan yang dapat mempengaruhi karakter anak didiknya. Oleh karena itu guru seharusnya bisa membangun karakter pada dirinya terlebih dahulu agar mampu menjadi contoh yang baik bagi murid-muridnya.ò

“Guru TK merupakan profesi mulia, kualitas generasi masa depan diawali pada pendidikan anak usia dini,” ujarnya.

Pada kegiatan Resepsi Peringatan HUT ke 21 Yayasan Dian Dharma juga dilaksanakan penyerahan piala dan penghargaan untuk para pemenang lomba anak dan guru TK Pertiwi Kabupaten Banjarnegara. (amar)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.