24 November 2022 Jam 14:59

Pelatihan Tim Penilai Internal Evaluasi Statistik Sektoral, Wujudakan Satu Data

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Drs. Indarto,M.Si membuka pelatihan tim penilai internal evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral Kabupaten Banjarnegara, Kamis (24/11/2022).

Pelatihan terselenggara berkat sinergi antara Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjarnegara, Dinas Komunikasi dan Informatika bidang Statistik dan Persandian, dan Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara.

Sekda Insarto menyambut baik adanya pelatihan statisitk sektoral tersebut juga selain dengan program pemerintah berkaitan dengan satu data kabupaten Banjarnegara.

Indarto mengatakan, tersedianya data-data yang baik nantinya akan berguna dalam pengambilan kebijakan.

“Dalam upaya mewujudakan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evalusi dan pengendalian pembangunan perlu didukung dengan data yang akurat, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan,” terangnya.

Dikatakan indarto, untuk penyelenggaraan pemerintah yang menggunakan data dan informasi statistik dalam program-program pembangunan nasional dan daerah perlu ditopang oleh data yang berkualitas.

“Membangun data berkualitas dilakukan sebagai upaya kolektif seluruh pemangku kepentingan baik instansi pusat, pemerintah daerah pelaku usaha akademisi dan masyarakat umum dalam rangka penguatan system statistik nasional,” sambungnya.

Lebih lanjut Indarto mengatakan salah satu indikator tercapainya salah satu sasaran reformasi birokrasi nasional, yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel adalah digunakanya data dan informasi statistik dalam perencanaan, pemantuauan dan evaluasi pembngunan.

Evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral dilaksanakan untuk mengukur capaian penyelenggaraan satu data Indonesia dan penyelenggaran kegiatan statistik sektoral dengan cara mengukur tingkat kematangan dari penyelenggaraan statistik sektoral pada instnsi pusat dan pemerintah daerah yang dipresentasikan dalam bentuk nilai indeks pembangunan statistik.

Dalam evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral ini akan dijadikan target penilaian adalah penyelenggaraan statistik dari Dindikpora dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

“Poin yang menjadi perhatian kita semua adalah perlu adanya kerjasama dari kita semua baik tim penilai internal, OPD yang dinilai dan tim penilai badan BPS sehingga evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaabupaten Banjarnegara, Ratna Setyowati, S.Si, MT.MA mengatakan bahwa data itu memiliki peran yang sangat penting, dan berdampak luas. Penting dalam berbagai aspek kehidupan.

“Data yang berkualitas itu sangat dibutuhkan pemerintah dalam mengambil keputusan dan juga sangat dibutukan masyarakat dan pelaku usaha dalam menentukan lagkah langkah kedepanya,” kata Selain itu, dibutuhkan kolaborasi antar penyelenggara statistik agar lebih cepat dan berkualitas untuk memwujudakan satu data Indonesia. katanya
Tujuan pelatihan statistik sektoral yang terutama meningkatkan kapasitas untuk penyelenggara statistik sektoral, dan yang kedua mendukung tersedianya data statistik sektoral yang berkualitas sebagai dasar perumusan kebijakan,” terangnya.

Harapanya dengan pertemuan ini menjadikan sinergi kita bersma wujud kolaborasi dan penyelenggaraan statistik yang ada di pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Indek Pembangunan Statistik menjadi barometer bagaimana kementrian lembaga dan pemerintah daerah menghsilakan statistik yang resmi dan berkualitas.

“Kegiatan evaluasi ini sangat perlu dalam rangka mengukur sejauhmana yang telah dilakukan poin apa yang harus diperbaiki dan bagaimana langkah dan tindak lanjut yang akan kita lakukan,” pungkasnya. * (kominfo_bagus)

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *