19 November 2022 Jam 07:57

Semarakkan HUT Ke-77, PGRI Gelar Aneka Lomba dan Pertandingan

Dalam rangka Hari Ulang Tahun PGRI Ke 77 dan Hari Guru Nasional Tahun 2022, berbagai kegiatan digelar oleh PGRI Kabupaten Banjarnegara antara lain pertandingan Tenis Meja Beregu Putra, lomba Tari Tunggal, pertandingan Bulutangkis Beregu Putra, lomba Menyanyi Tunggal Putra, lomba Menyanyi Tunggal Putri, lomba Dai, pertandingan Bola Voli Putra, dan pertandingan Bola Voli Putri.

Untuk Kegiatan pertandingan diawali pada tanggal 29 Oktober 2022 yaitu Pertandingan Tenis Meja Beregu Putra di GOR SMK Negeri 1 Bawang. Keluar sebagai Juara 1 Cabang Bawang, Juara 2 Cabang Susukan, dan Juara 3 bersama adalah Cabang Pagedongan dan Cabang Rakit.

Selanjutnya pada tanggal 8 – 10 November 2022 digelar Pertandingan Bulutangkis Beregu Putra di GOR Pemuda Banjarnegara. Juara 1 diraih oleh Cabang Karangkobar, Juara 2 oleh Cabang Purwanegara, dan Juara 3 bersama oleh Cabang Rakit dan Cabang Wanayasa. Sedangkan pada tanggal 14 – 16 November 2022 diselenggarakan Pertandingan Bola Voli Putra dan Putri di Surya Yudha Sport Centre. Untuk Bola Voli Putra sebagai Juara 1 adalah Cabang Wanadadi, Juara 2 Cabang Mandiraja, dan sebagai Juara 3 bersama adalah Cabang Punggelan dan Cabang Rakit.  Sedangkan untuk Bola Voli Putri Juara 1 adalah Cabang Karangkobar, Juara 2 Cabang Bawang, dan Juara 3 bersama yaitu Cabang Pagentan dan Cabang Pagedongan.

Unruk kegiatan perlombaan diawali pada tanggal 7 November 2022 yaitu Lomba Tari Tunggal di aula PGRI Kabupaten Banjarnegara. Dari 14 PGRI Cabang yang mengirimkan pesertanya, tampil sebagai Juara 1 adalah Cabang Banjarnegara, Juara 2 dari Cabang Sigaluh, dan Juara 3 dari Cabang Purwanegara.

Selanjutnya pada tanggal 12 November 2022 digelar secara bersamaan Lomba Menyanyi Tunggal dan Lomba Dai. Lomba Menyanyi Tunggal baik Putra maupun Putri digelar di aula PGRI Kabupaten Banjarnegara. Hasil Lomba Menyanyi Tunggal Putra adalah Juara 1 Cabang Karangkobar, Juara 2 Cabang Sigaluh, dan Juara 3 Cabang Pagedongan. Sedangkan Menyanyi Tunggal Putri Juara 1 Cabang Wanadadi, Juara 2 Cabang Banjarmangu, dan Juara 3 Cabang Madukara.

Lomba Dai diselenggarakan di aula SMP Negeri 1 Banjarnegara. Hasil Lomba Dai sebagai Juara 1 Cabang Sigaluh, Juara 2 Cabang Banjarnegara, dan Juara 3 Cabang Purworejo Klampok.

Ketua panitia, Turohmat, S.Pd. ketika ditemui di sela-sela kegiatan pertandingan bola voli mengatakan bahwa kegiatan pertandingan dan perlombaan semacam ini memang digemari oleh para anggota PGRI, selain karena sebagai ajang silaturahmi juga sebagai sarana untuk menyalurkan bakat dan hobinya.

“Kegiatan semacam ini sudah dinantikan oleh para guru setelah 2 tahun tidak bisa terselenggara karena adanya wabah Covid-19. Selain untuk mencari bibit dari kalangan guru dalam lomba tingkat provinsi, juga sebagai ajang silaturahmi anggota PGRI se Kabupaten Banjarnegara. Apapun hasilnya tetap junjung tinggi sportivitas dan solidaritas. Kita semua bersaudara.”

Sementara itu Ketua PGRI Kabupaten Banjarnegara, Drs. Noor Tamami, M.Pd. mengungkapkan bahwa salah satu kegiatan lomba ini adalah untuk nguri-uri budaya yaitu pada cabang lomba tari tunggal.

“Ternyata hasilnya luar biasa, kita jumpai dari para peserta aslinya bukan guru seni tetapi guru kelas atau guru mapel yang lain, tetapi yang bersangkutan bisa menampilkan karya yang hebat. Sehingga kami dapat menyimpulkan bahwa tari itu bukan hanya milik guru seni saja tetapi guru lain pun mampu mengaktualiasikannya. Saya sangat bangga dan sampaikan rasa terima kasih kepada para anggota PGRI yang sangat antusias dalam mengikuti berbagai lomba maupun pertandingan”, ungkapnya.

Selain berbagai kegiatan tersebut, ada juga kegiatan yang diadakan secara bersamaan dengan KORPRI Kabupaten Banjarnegara, antara lain apel bersama dan kerja bhakti masal pada tanggal 11 November 2022, senam sehat keluarga KORPRI dan PGRI pada tanggal 18 November 2022, sepeda santai pada tanggal 19 November 2022, donor darah pada tanggal 23 November 2022, upacara peringatan HUT KORPRI ke 51 dan HUT PGRI ke 77 pada tanggal 29 November 2022, dan ziarah ke makam pahlawan pada tanggal 29 November 2022.***

Artikel Terkait…

Esphero Gelar Pameran Seni di CFD

Esphero Gelar Pameran Seni di CFD

SMP Negeri 2 Banjarnegara (Esphero) menggelar pameran karya dan kreativitas siswa pada kegiatan Car Free Day (CFD) di...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *