20 Januari 2023 Jam 14:43

“POCADI” Banjarnegara Layani Masyarakat Giatkan Literasi

“POCADI” Banjarnegara Layani Masyarakat Giatkan Literasi

BANJARNEGARA- Banjarnegara kini memiliki Layanan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang bertempat di gedung Dindukcapil Banjarnegara.

Layanan ini diluncurkan pada kamis ,
(19/1/2023), ditandai dengan penandatanganan Mou antara Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Disarpus) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil).

Kepala Disarpus Banjarnegara Arief Rahman, menjelaskan,
Program Pocadi merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI sebagai upaya peningkatan budaya membaca menuju masyarakat yang literat dan di tempatkan ektsternal perpustakaan sehingga penempatan di gedung/ kantor layanan umum masyarakat sebagai kelengkapan fasilitas layanan masyarakat serta upaya peningkatan minat baca masyarakat

Dipilihnya area kantor Dindukcapil Banjarnegara karena di OPD tersebut melaksanakan pelayanan umum sehingga banyak masyarakat yang datang, dan lokasinya strategis di kompleks perkantoran Semampir.

Ditambahkannya, Layanan Pocadi berbasis layar monitor besar, PC, dan android / tablet, Masyarakat bisa mengakses berbagai macam bacaan e-book yang tersedia dengan mudah. Selain itu, tersedia berbagai macam buku juga yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna layanan dukcapil dan karyawan/karyawati di kompleks perkantoran semampir.

Arif Rahman berharap dengan adanya layanan Pocadi ini bisa menggugah semangat masyarakat dalam meningkatkan ilmu pengetahuan, inovasi dan hal positif lain. Karena hal tersebut merupakan salah satu modal guna meningkatkan SDM, meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat ( IPLM) khususnya masyarakat Banjarnegara.

Kepala Dindukcapil Banjarnegara, Tien Sumarwati juga menyambut positif adanya layanan Pocadi ini.

“Kami mengucapkan terimakasih Disarpus yang telah menetapkan Pocadi dipasang pada kompleks kantor Dindukcapil Banjarnegara sebagai layanan publik dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat,” ungkap Tien Sumarwati, Jumat (20/1/2023). * (mjp/dila).

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *