Mon09162019

Last updateMon, 16 Sep 2019 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Pendidikan Lomba Kreasi Musik Tradisi, Upaya Nguri-uri Budaya Lokal

Lomba Kreasi Musik Tradisi, Upaya Nguri-uri Budaya Lokal

Banjarnegara - Grup karawitan SMP N 1 Banjarnegara tampil sebagai juara 1 pada Lomba Kreativitas Musik Tradisional yang digelar Sabtu, 27 April 2019 di Pendapa Dipayuda Adigraha. Cabang tersebut bagian dari Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP, yang digelar Dindikpora Kabupaten Banjarnegara dalam rangka memperingati Hardiknas 2 Mei.

Kontingen SMP 1 Banjarnegara yang membawakan gending lagu 'Suwe Ora Jamu' menyisihkan 5 peserta lain yang mengikuti lomba tersebut. Adapun dewan Juri terdiri atas praktisi dan akademisi seni antara lain Dwi Pranyoto , Sutopo, dan Alwan.

Hasil lengkap kejuaraan adalah : Harapan 3 dengan nilai 245 diraih oleh nomor undi 5 dari SMP N 1 Susukan. Harapan 2 dengan nilai 246 diraih nomor undi 4 kontingen SMP 1 Wanadadi sedangkan Juara Harapan 1 dengan nilai 248 direbut grup karawitan dari SMP 1 Klampok dengan nomor undi 1.

Sementara itu Juara 3 dengan nilai 249 diraih peserta nomor undi 6 dari SMP 3 Purwareja Klampok dengan gending 'Bumi Pertiwi', Juara 1 dengan capaian nilai tertinggi yakni 277 diraih nomor undi 2 peserta dari SMP 1 Banjarnegara yang membawakan gending 'Suwe Ora Jamu', sedang SMP N 1 Madukara harua puas menjadi Juara 2 dengan nilai 266, yang membawakan gending 'Among Tani' dengan nomor undi 3.

Kasi Kesiswaan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegata, Eko Nuryanto S.Pd, mengatakan tujuan diselenggarakannya cabang kreativitas musik tradisi dalam FLS2N adalah dalam rangka pembentukan karakter siswa, dan nguri-uri budaya daerah khususnya budaya lokal Banjarnegara.

"Ajang ini juga untuk memaksimalkan kreativitas guru dan siswanya, dengan memberikan kreasi dan penampilan terbaiknya," katanya.

Adapun yang menjadi juara 1 di tingkat kabupaten akan mewakili Banjarnegara pada lomba serupa di tingkat provinsi," imbuhnya.

Para peserta tampil prima dengan mengusung perangkat gamelan Jawa, sebagian lagi dikolaborasi dengan calung Banyumasan. Unsur yang dinilai antara lain originalitas, kreativitas, dinamika, juga kesesuaian penampilan tembang, lirik dan gending yang dibawakan.

Salah satu juri, Alwan S.Pd menyatakan semua peserta telah menyuguhkan penampilan terbaiknya membuat juri harus lebih jeli dalam menentukan juara.

"Semua peserta tampil bagus dengan persiapan dan peralatan yang lengkap. Ini membuat kami sebagai juri harus lebih jeli dalam menilai," bebernya.

Sementara itu salah satu kontingen dari SMP N 3 Klampok mengatakan telah berusaha tampil prima meski harus puas menyandang sebagai juara 3.

"Latihan kami optimalkan terus namun peserta lain memang ada yang lebih bagus. Semoga saja tahun besok kami bisa meraih juara 1," ujar Etty Winarti, kepala sekolah dengan sportif. * (Muji Prasetyo/Dinkominfo Banjarnegara)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan