Sun03242019

Last updateFri, 22 Mar 2019 11am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Kampanye TOSS-TB Bantu Sembuhkan TBC

Kampanye TOSS-TB Bantu Sembuhkan TBC

BANJARNEGARA – Banyak cara kreatif ditempuh untuk mengampanyekan gerakan hidup sehat kepada masyarakat, khususnya kampanye untuk penderita Tuberkulosis (TB) yang populer dengan istilah TBC. Puskesmas Pejawaran, contohnya. Mereka berhasil menyelenggarakan Kampanye “TOSS-TB” (Temukan Obati Sampai Sembuh).

Kegiatan yang dicanangkan sejak 27 November 2018 itu mendapat sambutan baik dari banyak pihak, khususnya pasien TB. Pencanangan kampanye TOSS-TB yang juga sebagai rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 itu dihadiri tidak kurang 200 orang. Dari camat beserta Forkompinca, kepala desa se-Kecamatan Pejawaran, Ketua TPPKK Kecamatan, Ketua TPPKK Desa, kader kesehatan, tokoh masyarakat dan tokoh agama, semuanya sepakat mengkampanyekan TOSS, dan mendukung pasien berobat sampai sembuh.

Kepala Puskesmas Pejawaran, Khusnul Khotimah, S.Si.T.,M.Kes selaku ketua kegiatan melaporkan, kampaye TOSS TB bertujuan  menggugah kepedulian seluruh unsur pemerintah dan masyarakat untuk care pada penyakit TB dan penderitanya.

“TB atau tuberkulosis memang merupakan penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil mycobacterium tuberculosis. Tapi penyakit ini bisa disembuhkan secara tuntas. Tinggal niat, semangat dan konsistensi dari si penderita untuk yakin sembuh, “kata khusnul, “Tentu saja butuh kepedulian dari saudara dan orang terdekat untuk peduli pada si penderita.”

Ketuk Pintu

Masih menurut Khusnul,  saat ini di Kecamatan Pejawaran telah memiliki 85 “kader ketuk pintu”. Mereka sudah dilatih kemampuan untuk menemukan kasus terduga TB. 

“Penemuan kasus terduga TB menjadi menjadi penting, karena akan mempercepat penemuan kasus TB, sehingga penderita dengan TBC bisa segera diobati sampai sembuh,” terangnya.

Sementara itu camat Pejawaran, Aswan, juga mengajak peserta yang  hadir untuk terhindar dari TB dengan "Inyong Emoh Bungkring Gering Kena TBC" (Saya Tak Mau Kurus Kering Kena TBC).

“Kampanye TOSS TB ini merupakan suatu gebrakan yang luar biasa yang akan membangun kemandirian masyarakat menciptakan masyarakat yang berperan aktif dalam pembangunan kesehatan," ujar Aswan.

Dalam pada itu, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kasie Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular, Aep Kusmana SKM mengatakan, kegiatan Kampanye TOSS TB sangat efektif untuk wujudkan kepedulian kasus TB karena melibatkan semua unsur. "Maka mari kita bersama TOSS TB (Temukan TB Obati Sampai Sembuh) bersama masyarakat kita wujudkan Banjarnegara Bebas TB", ucapnya.

Sedangkan Umi Sangadah salah seorang ibu dari anak yang pernah menderita TB dalam testimoninya menuturkan pengalaman merawat anaknya di Puskesmas Pejawaran.

“Terimakasih kepada Puskesmas Pejawaran yang telah merawat anak saya dengan baik, dari awal pengobatan sampai dinyatakan sembuh tuntas, dan tidak dipungut biaya sedikitpun,” ujarnya, “selain itu pelayanan yang ramah walau anak saya terkena penyakit menular, menjadi hal yang sangat berkesan untuk kami sekeluarga."

Dalam kampanye ini juga dilakukan pula penandatanganan Komitmen Bersama Lintas Sektor dan masyarakat untuk peduli TB. Disampaikan pula sosialisasi tentang TBC, serta dimeriahkan dengan Senam Etika Batuk oleh Perwakilan Kader Ketuk Pintu serta pembagian puluhan doorprize bagi seluruh peserta yang aktif sepanjang sesi kegiatan. *Muji P.*

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan