Mon02182019

Last updateMon, 18 Feb 2019 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Belajar Sejarah Melalui Napak Tilas

Belajar Sejarah Melalui Napak Tilas

Sebanyak 28 orang dari Komunitas Cagar Budaya Banjarnegara singgah di rumah dinas Wakil Bupati Banjarnegara setelah melaksanakan kegiatan Napak Tilas Rumah Kuno, Minggu (3/2). Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menerima langsung rombongan tersebut dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan. 

Wabup Syamsudin menyampaikan bahwa napak tilas tersebut merupakan perjalanan putra putri Banjarnegara yang peduli dan mencintai kota kelahirannya. Bangunan atau tempat peninggalan masa lalu memiliki nilai yang bisa dijadikan sarana edukasi tentang sejarah Banjarnegara.

"Kita memiliki tanggung jawab untuk merawat dan menjaganya, karena tempat dan bangunan bersejarah itu memiliki arti penting dalam perjuangan membangun Banjarnegara bahkan Indonesia," ungkapnya

Heni Purwono, Pembina Komunitas Cagar Budaya Banjarnegara mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan napak tilas yang ketiga kalinya dilakukan. Pertama adalah ekspedisi jalur kereta yang masih utuh di kawasan Semarang Kidul lalu menapaktilasi kejayaan pabrik gula di Klampok.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendorong adanya Peraturan Daerah tentang perlindungan cagar budaya, lanjutnya. Masih belum kuatnya dari sisi regulasi Heni mengharapkan sinergi dengan Pemkab Banjarnegara untuk mendukung dan melestarikan cagar budaya, terutama bangunan.

"Banyak bangunan atau rumah yang memiliki nilai sejarah. Hal tersebut menujukan bahwa Banjarnegara merupakan kota yang penting dalam perjalanan sejarah bangsa ini, maka perlu dijaga keberadaanya," ujarnya. 

Beberapa bangunan dan rumah bersejarah dikunjungi pada napak tilas kali ini, antara lain Prasasti Perjuangan di Alun-alun Banjarnegara, Rumah Pardikin Parto Adiwijoyo yang dulunya adalah rumah persinggahan HOS Cokroaminoto ketika di Banjarnegara, Galeri Seni dan Butik di Gayam, Vila Pandawa, Kompleks Perhutani, Kompleks Kantor DPUPR yang pernah menjadi markas tentara belanda dan terminal pasca kemerdekaan, terakhir adalah Rumah Bupati Banjarengara ke 7, Soedjirno. (amar) 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan