Mon04222019

Last updateMon, 22 Apr 2019 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Budhi Sarwono Sidak Jalan Wilayah Atas

Budhi Sarwono Sidak Jalan Wilayah Atas

Banjarnegara – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Senin (04/02/2019) melakukan peninjauan jalan di jalur atas, dimulai dari jalur Aribaya, Metawana, Kayu Ares, Ratamba (semua di Kecamatan Pagentan), Condongcampur (Pejawaran) hingga perbatasan dengan Kabupaten Batang di Bukit Sikendil (Batur). Bupati didampingi Kepala DPUPR Tatag Rochyadi, ST beserta staf lapangan, Dinkominfo dan jajaran kecamatan setempat.

Di Aribaya Budhi Sarwono meninjau satu titik jalan yang pondasinya longsor sehingga sebagian badan jalan pun ambles. Jalan tersebut menghubungkan dengan Kayu Ares, Kalitlaga dan sekitarnya. Di Metawana juga terjadi jalan ambles cukup lebar sehingga sangat mengganggu pengguna jalan, apalagi jalur tersebut merupakan jalur utama Pagentan-Banjaregara yang cukup padat.

Sementara di Kayuares lagi-lagi pondasi jalan ambrol akibat pergerakan tanah yang memang labil. Di jalur Ratamba dan Condongcampur, terdapat retakakan-retakan pada beton jalan. Beberapa longsoran juga terjadi menuju tapal batas dengan Kabupaten Batang.

Menyikapi kondisi ini, Budhi Sarwono segera memberikan pengarahan kepada Kepala DPUPR untuk mengambil langkah-langkah strategis guna penanganan jalan-jalan rusak tersebut.

“Tentunya saya sangat prihatin, titik-titik jalan yang rusak itu merupakan jalur strategis yang menghubungkan simpul-simpul ekonomi rakyat,” ujarnya.

“Saya sudah menginstruksikan kepala DPUPR untuk segera menangani masalah ini, kasihan rakyat kalau kelamaan,” imbuhnya.

Kepala DPUPR Tatag Rochyadi, ST menerangkan, penyebab utama kerusakan jalan adalah faktor alam atau labilnya tanah. 

“Terutama daerah atas seperti di wilayah Kecamatan Pagentan ini tekstur tanahnya memang labil, sering terjadi tanah bergerak, apalagi di musim penghujan ini,” katanya.

Tentang penanganan jalan-jalan tersebut, DPU PR sudah menindaklanjutinya.

“Untuk di tanjakan Ratamba, dimana terdapat jalan retak dan amblas di bahu kiri sehingga terdapat rongga, segera kami menangani,” katanya.

“Untuk jalan ambrol di Kayu Ares akan kami anggarkan di APBD perubahan, karena penanganan khusus,” lanjutnya.

 “Dan untuk jalan ambles di Aribaya sedang ditangani, tapi masih terkendala musim penghujan,” imbuhnya.

Adanya longsoran dan guguran tanah yang sering terjadi Tatag meminta pengguna jalan untuk selalu waspada. Pihaknya juga akan meneliti betul hasil pekerjaan dari rekanan. Karena selain faktor alam dan bencana, kualitas pekerjaan juga sangat berpengaruh. (Muji P/dinkominfo_banjarnegara).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan