Mon02182019

Last updateMon, 18 Feb 2019 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Penerapan K3 Antisipasi Kecelakaan Kerja

Penerapan K3 Antisipasi Kecelakaan Kerja

Banjarnegara - Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) Banjarnegara menggelar Apel Bulan K3 Nasional 2019 di Halaman Kantor Geo Dipa Energi Dieng, Senin (4/2). Membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyampaikan bahwa pemerintah mengajak seluruh stakeholder baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) serta pengawasan.

Hal tersebut untuk mengantisipasi kecelakaan kerja yang akan mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional. Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Terkait keselamatan kerja, BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2018 telah tercatat 157.313 kasus kecelakaan kerja. Untuk menekan angka tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan berbagai upaya melalui program K3 berdasarkan UU No 1 Tahun 1970, antara lain meningkatkan kesadaran pengusaha, tenaga kerja dan masyarakat serta menyempurnakan peraturan perundang-undangan dan standar bidang K3. Selain itu juga meningkatkan peran pengawas bidang K3 dalam pembinaan dan pemeriksaan serta penegakan hukum bidang K3.

"Diharapkan semua pihak melakukan upaya nyata terhadap pelaksanaan K3 dilingkungan masing-masing, sehingga budaya k3 benar-benar terwujud," kata Wabup. (amar)

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan