Mon05202019

Last updateMon, 20 May 2019 1pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Bupati : Segera Bangun Pasar Darurat

Bupati : Segera Bangun Pasar Darurat

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwino menginstruksikan untuk segera membangun pasar darurat, terkait kejadian kebakaran di Pasar Mandiraja. Pernyataan itu disampaikan bupati usai meninjau lokasi kebakaran, Senin (4/3/2019).

Ia menyalami para pedagang yang sedang berduka atas insiden tersebut. “Mohon sabar atas musibah ini, mohon tenang dan jangan khawatir, Bapak Ibu. Segera kita bangun relokasi, dana sudah kita siapkan,” himbaunya kepada para pedagang.

Bupati kemudian melanjutkan rapat kordinasi di Balai Desa Mandiraja Kulon. Ia didampingi Sekretaris Daerah Indarto, Kepala Disperindagkop UKM Joi Setiawan, Kasatpol PP Esti Widodo, Camat Mandiraja Paryono dan Muspika Kecamatan Mandiraja. 

“Sekarang juga saya minta masukan Saudara untuk segera mencari titik yang aman. Kita segera bangun pasar daruat. Kordinasikan dengan pihak-pihak di sekitarnya,” perintah Budhi membuka rapat tersebut.

Bupati juga memerintahkan dinas terkait untuk menyiapkan dana yang cukup, dan jika memungkinkan pengerjaannya dengan mekanisme penunjukan langsung (PL). 

“Mekanismenya  di PL-kan agar cepat. Tunjuklah rekanan yang tepat. Gambar segera rancangan bangunannya, rencanakan sebaik mungkin dan jangan jadi polemik di kemudian hari. Kita data secermat mungkin kerugian dan kita kunci pedagang yang menderita kebakaran, jangan melebar,” imbuhnya.

Dari rapat tersebut, mencuat usulan lokasi pasar darurat di 2/3 terminal ke selatan, terus ke timur mendekat pasar pagi. Usulan tersebut salah satunya berasal dari Kepala DPU PR, Tatag Rochyadi juga Kades mandirajan kulon, Aji Sofyan Hani, yang didukung pihak Polres Banjarnegara dan Polsek Mandiraja.

“Menurut hemat kami, lokasi di terminal Mandiraja sementara cukup memadai. Namun kami juga meminta bidang aset Pemkab untuk  segera melakukna pembongkaran,” ujar Tatag Rochyadi.

Seperti diberitakan, Pasar Mandiraja di Jalan Raya Mandiraja,Banjarnegara Minggu (3/3) sekitar pukul 23. 30 WIB terbakar. Si jago merah melalap sedikitnya 38 kios dan sekitar 450 los di kompleks pasar tersebut. Sedikitnya 10 mobil pemadam kebakaran termasuk dari Kabupaten Purbalingga didatangkan untuk memadamkan api. 

Masih didata kerugian material dan penyebab kebakaran. Dari data yang bdihimpun menyebutkan, kebakaran diketahui oleh warga sekitar. Mereka melihat api dan kepulan asap dari dalam pasar. Warga sempat bergotong-royong memadamkan api. Namun api malah kian membesar. Malam itu angin bertiup kencang dan banyak barang barang di pasar yang mudah terbakar seperti tabung elpiji, sehingga membuat api tambah besar. Untunglah hujan kemudian mengguyur sehingga sangat membantu proses pemadaman.* (mujiprast/dinkominfo_bna).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan