Fri03222019

Last updateFri, 22 Mar 2019 11am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Lintas Agama Gotong Royong Bersihkan Masjid

Lintas Agama Gotong Royong Bersihkan Masjid

 

BANJARNEGARA – Indahnya kerukunan. Tokoh lintas agama dan masyarakat yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melakukan kerja bakti membersihkan dan mengecat masjid Al Istiqomah Dusun Banagara Desa Mantrianom Kecamatan Bawang, Minggu (10/3/2019).

Ratusan masyarakat dari pemeluk Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan penghayat kepercayaan berbaur tanpa memandang perbedaan. Mereka membersihkan halaman masjid, menyapu lantai, membersihkan sampah dan mengecat pagar serta masjid. Hadir pada kegiatan itu Wakapolres Banjarnegara, Muspika Kecamatan Bawang, organisasi masyarakat dan pemuda antara lain : Banser, Gusdurian, Pemuda Pancasila, Pencak Silat Setia Hati Teratai, Politeknik Banjarnegara, Aji Tapak Sesontengan dan Paguyuban Manembah.

Ketua Panitia, Ari Untung, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk merajut kebersamaan dalam keanekaragaman agama serta golongan.

“Prinsip kami, satu bumi satu saudara. Kita ingin terus mengembangkan silaturahmi dan kerukunan. Modal rukun bisa membangun bangsa, sebaliknya jika tidak rukun kesempatan membangun akan sulit,” ujarnya.

Adapun ketua KH. Khayatul Makky dari FKUB Banjarnegara dalam pengarahannya menyatakan prihatin, karena masih banyak golongan tertentu yang anti kerukunan dengan mengklaim diri paling benar dan tega mengkafirkan saudaranya sendiri.

“Namun saya optimistis, masyarakat Indonesia semakin cerdas dan bijak serta tidak mudah dipecah belah. Karena dalam beragama kita harus mengembangkan toleransi dan kerukunan,” sambutnya.

“Kita harus bersyukur. Saudara bisa melihat di sini. Pak Kapolres, Muspika, tokoh agama dari Islam, Kristen, Katolik, Penghayat Kepercayaan semua bersatu di sini. Ini artinya sejatinya masyarakat kita adalah cinta damai,” sambungnya.

Gus Khayat berharap semakin banyak kegiatan yang mengedepankan nuansa kebersamaan dalam skala yang lebih besar. Hal tersebut bisa dimulai dari lingkungan yang kecil. Kegiatan seperti ini adalah sebuah cara untuk penyadaran diri bagi masyarakat dan generasi muda, bahwa kebersamaan dalam perbedaan itu sebenarnya begitu indah. 

"Kerja bakti membersihkan masjid itu sangat ringan, ringan sekali. Namun dengan melihat yang kerja bakti di sini adalah dari lintas agama, ini menjadi sangat indah," pungkasnya. 

Kerja bakti dilanjutkan dengan pengecatan pagar masjid dan menikmati menu khas desa setempat, cimplung kelapa, singkong dan sejenisnya. Acara juga dimeriahkan dengan musik marawis. (muji prasetyo/dinkominfo_bna).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan