Fri07192019

Last updateWed, 17 Jul 2019 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK

(BANJARNEGARA) – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 di Desa Kasmaran Kecamatan Pagentan, Kamis (11/04). Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forkompinda, Kepala OPD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten, Para Camat, Forkompincam Pagentan, Para Ketua TP PKK Kecamatan, Para Kades dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Pagentan, tamu undangan dan warga masyarakat Desa Kasmaran Kecamatan Pagentan.

Kepala Dispermades PPKB, Drs. Agus Kusuma, MM mengatakan maksud pelaksanaan kegiatan BBGRM Desa/Kelurahan di Kabupaten Banjarnegara yakni untuk meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

“Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan yakni untuk menjaga dan melestarikan budaya gotong royong sebagai budaya asli Bangsa Indonesia, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan untuk meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan” katanya.

Dia menambahkan, untuk Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat bagi kader-kader PKK agar terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya yakni memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Drs. Indarto, M.Si pada saat membacakan sambutan Bupati Banjarnegara mengatakan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 Tahun 2019 diharapkan dapat melestarikan serta meningkatkan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, untuk mewujudkan semangat kebersaaan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berintegritas dan mandiri.

“Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang dilaksanakan selama satu bulan penuh, diharapkan dapat menjaga dan melestarikan budaya Bangsa Indonesia, meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan kemampuan kesadaran dalam memenuhi kebutuhan berdasarkan rasa kebersamaan dan keanekaragaman menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong” katanya.

Sebagai tindaklanjut pencanangan hari ini, Sekda Indarto menginstrusikan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk melakukan kerja bakti bersama seluruh warga masyarakat di wilayah masing-masing seperti membersihkan selokan, membersihkan lingkungan, cabut paku pada pohon, tanam bunga, tanam toga, bersih pasar, bersih makam, membersihkan jalan desa, jalan kabupaten, dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini untuk mempertahankan budaya gotong royong didalam kehidupan bermasyarakat yang semakin tergerus oleh kemajuan jaman yang serba modern dan kehidupan individualis” katanya.

Mengenai Hari Kesatuan Gerak PKK, Sekda Indarto berharap PKK sebagai mitra kerja pemerintah dapat memberikan makna yang mendalam dalam berkiprah dan berkarya secara nyata dalam mengembangkan darma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada para penggiat PKK diseluruh tingkatan dari Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan yang tanpa lelah dengan penuh semangat telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Semoga melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya yang utama yaitu memberdayakan dan mensejahterakan keluarga” katanya. ***** (Sudin)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan