Wed04242019

Last updateTue, 23 Apr 2019 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Festival Drumband Anak, Meriah Penuh Semangat

Festival Drumband Anak, Meriah Penuh Semangat

BANJANEGARA -  Suasana meriah, atraktif, dan penuh semangat membahana pada kegiatan Festival Drumband Anak “IGDA Cokroaminoto Cup 2019” di Balai Apung, Surya Yudha Park, Kamis dan Jumat (11-12 April 2019). Tangan-tangan kecil siswa-siswi DA Cokroaminoto memainkan instrumen, seiring langkah-langkah mungil yang beraksi laksana pemain marching band profesional, dengan seragam kebanggaannya.

Festival ini diselenggarakan oleh Ikatan Guru Darul Atfal (IGDA) Cokroaminoto Kabupaten Banjarnegara. Ketua IGDA Kabupaten Banjarnegara, Ika Nura Firmana, S.Pd mengatakan, lomba ini diikuti oleh 31 peserta TK/RA/DA se-Kabupaten Banjarnegara di bawah naungan Yayasan Cokroaminoto dan dilaksanakan selama 2 hari.

Tujuannya antara lain sebagai salah satu sarana kegiatan yang terarah bagi pendidikan dan perkembangan anak dan sebagai tolak ukur prestasi dalam bidang seni marching band anak. “Aturan paling menonjol dari lomba ini adalah tidak boleh mengundang pelatih dari luar, jadi harus dari bimbingan guru di sekolah masing-masing,” kata Ika.

“Guna meningkatkan prestasi dan kreativitas guru, maka semua harus dari kreativitas lingkungan sekolah. Kemandirian ini untuk memupuk prestasi anak DA, guru dan orang tua dari lingkungan sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu ketua panitia, Agus Setyaningsih, S.Pd AUD menjelaskan, untuk lagu wajib yang dilombakan adalah “Mars Cokroaminoto”, sedang untuk lagu pilihan bebas.

“Kategorinya musik konser, gita pati, dan colour guard dengan memperebutkan masing-masing Juara 1 sampai dengan harapan 3,” terang Asih.

Suguhan konser drumband anak ini terlihat apik dan menarik serta mampu menarik perhatian penonton dan supporter. Masing-masing tim tampil dengan maksimal dan kreatifitas terbaik yang dimilikinya. 

Menurut Yanti, salah satu guru pelatih, timnya cukup puas tampil pada nomor undi kelima tadi. Tim yang dipimpinnya mampu membawakan lagu dengan sukses, meriah, dan lancar. 

“Lombanya sangat meriah, ternyata setelah melihat peserta sebelumnya juga sangat  bagus, jadi tahun depan kami harus berlatih lebih giat lagi dan mempersiapkan dengan lebih matang lagi,” bebernya. 

Hasil Kejuaraan

Hasil Kejuaraan Festival Drum Band IGDA Cokroaminoto Cup 2019 adalah sebagai berikut : 

KEJUARAAN UNIT KONSER

Juara 1 Darul Athfal Cokroaminoto (DAC) Sijeruk, Juara 2 DAC 02 Kalibenda, Juara 3 DAC 01 Kalibenda, Harapan 1 DAC 02 Kesenet, Harapan 2 DAC Linggasari dan Harapan 3 DAC Kincang. 

KEJUARAAN UNIT COLOUR GUARD

Juara 1 DAC 02 Kalibenda, Juara 2 DAC 01 Kalibenda, Juara 3 DAC Sijeruk, Harapan 1 DAC Linggasari, Harapan 2 DAC Kincang, Harapan 3 DAC 02 Kesenet.

KEJUARAAN GITAPATI

Juara 1 DAC Kincang, Juara 2 DAC Jenggawur, Juara 3 DAC 02 Kesenet, Harapan 1 DAC 01 Dawuhan, Harapan 2 DAC 02 Kalibenda, Harapan 3 DAC 02 Rejasari. 

Sementara juara Umum diraih DAC Kalibenda 02. (Muji Prasetyo/ Dinkominfo Banjarnegara)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan