Fri05242019

Last updateThu, 23 May 2019 2pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Wisuda Khotmil Quran SD Negeri 1 Krandegan

Wisuda Khotmil Quran SD Negeri 1 Krandegan

Banjarnegara - Sebanyak 76 siswa kelas 6 SD Negeri 1 Krandegan melaksanakan wisuda Khotmil Qur'an di sekolahnya, Rabu, Mei 2019. Prosesi wisuda disaksikan oleh guru, orang tua, komite sekolah, dan dipimpin oleh guru agama SD N 1 Krandegan, Rakhmadi. Hadir pada acara tersebut Camat kota Drs Karnoto mewakili Bupati Banjarnegara, perwakilan Dindikpora, Kemenag dan penilik sekolah.

Saat wisuda, 76 siswa tersebut mengawali dengan membaca Al Quran Surat Al Mulk, suratan-suratan pendek, dilanjut dengan surat tertentu yang ditunjuk oleh Camat, perwakilan Kemenag dan Dindikpora dalam lintingan tertutup. Ketiga siswa yang ditunjuk secara acak mampu membaca dengan lancar baik harokat maupun suaranya.

Rakhamdi mewakili Kepala Sekolah, Yuni Ambarwati, mengatakan kegiatan khotmil Quran merupakan program sekolah untuk menambah keimanan dan ketaqwaan siswa, sekaligus ajang menghaturkan terimakasih dengan guru juga orang tua.

"Sebenarnya ini sekaligus acara perpisahan siswa kelas 6 yang baru saja menempuh ujian akhir. Namun pada kegiatan ini kita utamakan khotmil Quran untuk membekali siswa dengan ahlakul karimah," kata Rahmadi.

Pada prosesi tersebut, kata Rahmadi, yang mengikuti 76 siswa dari 78 siswa kelas 6 dari 3 rombel. 2 siswa yang tidak ikut khotmil karena non muslim.

"Siswa yang non muslim tidak mengikuti khotmil Quran, tapi ikut kegiatan perpisahannya," imbuhnya.

Usai khotmil para siswa mempersembahkan lagu "Terima Kasihku" yang dilanjut dengan penyerahan mahkota  kepada orang tua masing-masing, diiringi pembacaan puisi oleh Rendra siswa kelas 6 Edelweis. Camat Banjarnegara Drs Karnoto terharu dan menyatakan rasa salutnya pada kegiatan ini.

"Saya mewakili bupati Banjarnegara menyampaikan terima kasih dan rasa salut saya pada kegiatan ini. Inilah contoh bentuk syukur dan tanda terimakasih dari siswa kepada guru dan orang tua yang layak diteladani," sambutnya.

Salah satu siswa, Melody Cahya Kinanti sangat senang ikut khotmil Quran dan perpisahan ini.

"Saya sangat lega dan senang bisa mengucapkan terimakasih kepada guru juga kedua orang tua dan foto bareng mereka," ujarnya.

SD Negeri 1 Krandegan merupakan salah satu sekolah favorit di Banjarnegaram berbagai prestasi hingga tingkat nasional dan internasional pernah diraih para siswanya. Kegiatan ekstra juga banyak pilihan, antara lain : pramuka, PMR, berbagai cabang olahraga dan kesenian, juga karawitan, rebana dan baca Alquran. Acara juga dilanjut dengan pengajian, dengan menampilkan Al Mukarrom Ustad Anwar Subekti. * (Muji P / Dinkominfo)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan