Wed08212019

Last updateWed, 21 Aug 2019 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Masjid Harus Berfungsi Mengayomi Umat dan Masyarakat

Masjid Harus Berfungsi Mengayomi Umat dan Masyarakat

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono meninjau pembangunan Masjid Al Haq di Jalan Raya Desa Kalipelus Kecamatan Purwanegara, Minggu (16/6/2019). Pada kesempatan tersebut, Budhi Sarwono atas nama keluarga membantu pengecoran halaman dan area parkir masjid. Ia mengecek pelaksanaan pengecoran, kualitas bangunan serta sarana lain seperti tempat wudlu.

“Saya puas melihat kualitas pembangunan fisik masjid ini. Pemasangan keramik sangat rapi, tempat wudlu bersih dan airnya lancar, tempat imam, sound system lebih dari cukup, teruskan dan pertahankan,” kata bupati di lokasi masjid.

Selanjutnya ia meminta panitia dan pengurus agar memaksimalkan fungsi masjid untuk melayani umat serta mengayomi masyarakat.

“Nantu parkirnya harap ditata lagi, diberi tanda marka yang jelas, dan manfaatkan warga sekitar untuk menjaga kendaraan jamaah. Untuk air wudlu dan kamar mandi jangan sampai mati. Masjid ini harus bisa menjadi tempat istirahat sejenak bagi musafir dan yang sedang menempuh perjalanan,” lanjut Budhi.

“Dan yang terpenting, saya pesan hargailah seluruh umat. Hormati perbedaan, jangan mengidentikkan masjid ini milik golongan tertentu. Masjid harus jadi pemersatu umat dengan memberikan pelayanan yang terbaik,” imbuhnya.

Kepala Desa Kalipelus, Jarwo, mengatakan, dana pembangunan Masjid Al Haq berasal dari dana donatur Arab Saudi dan bantuan dari masyarakat luas. Total anggaran pembangunan sebesar Rp. 1,25 Miliyar. Donatur dari Arab Rp. 700 juta, sisanya sebesar Rp. 550 juga adalah sumbangan dari warga Banjarnegara secara masyarakat secara luas.

“Alhamdulillah, bantuan dan sumbangan terus mengalir dari masyarakat, juga dari Bapak Bupati, Pak Wakil Bupati, beserta jajaran pejabat Banjarnegara. Pak Bupati sejak awal memantau dan membantu pembangunan masjid ini,” kata Jarwo.

Menurut Jarwo, luas bangunan Masjid Al Haq sekitar 24x22 meter,  sementara untuk halaman dan parkir sekitar dua kali luas bangunan.

“Kita sangat menjaga amanah dari para donatur, sehingga kita upayakan pembangunan masjid dengan cermat dan hati-hati,” imbuhnya.

Masjid Al Haq dibangun pada Oktober 2018 dan direncanakan selesai pada bulan Oktober tahun 2019, dan saat ini proses pembangunan sudah mencapai sekitar 70%.

Lokasi masjid tersebut sangat strategis di tepi jalan nasional, dan merupakan titik lelah mengemudi. Pengurus juga sedang mempersiapkan taman hijau dan rest area kecil serta toko-toko untuk keperluan masyarakat.*** (Muji Prast).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan