Thu08222019

Last updateThu, 22 Aug 2019 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Siswa Baru SMP 1 Bawang Jalani Pengenalan Lingkungan Sekolah

Siswa Baru SMP 1 Bawang Jalani Pengenalan Lingkungan Sekolah

BANJARNEGARA - Siswa baru SMP Negeri 1 Bawang menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru di tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan dilaksanakan di SMP 1 Bawang hingga hari Sabtu Jumat, 19 Juli 2019. 

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta Kelas VII sebagai siswa baru. Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. Pada masa awal masuk sekolah para siswa akan menghadapi masa-masa orientasi dan adaptasi.

Pengenalan lingkungan sekolah ini bertujuan untuk mengenalkan program-program sekolah serta sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah sehingga para siswa dapat memanfaatkannya dengan baik, selain itu para siswa juga dapat mengenal atau mengetahui Dewan Guru, Karyawan, dan teman-teman baru mereka di sekolah mereka yang baru. 

Hal itu yang disampaikan oleh Kepala Sekolah, Sobron saat membuka kegiatan pada pelaksanaan upacara bendera. 

"Diharapkan pada kegiatan ini anak-anak sekalian dapat beradaptasi dengan baik yaitu mengenal lingkungan sekolah, para guru, karyawan, dan teman-teman yang baru, " jelasnya. Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh siswa ketika masuk sekolah. Kegiatan ini sepenuhnya dilakukan oleh Guru dan dibantu pengurus OSIS. Sehingga pelaksanaannya terarah dan terprogram dengan jelas.

Hal yang senada juga dikatakan oleh Faizun, ketua panitia kegiatan, bahwa sudah tidak ada lagi kegiatan yang bersifat perpeloncoan, atau penganiayaan terhadap siswa baru, dan ajang balas dendam untuk mengerjai adik-adik kelas yang baru dari para siswa yang lebih senior. Hal itu semuanya sudah ditiadakan dan dilarang untuk dilaksanakan.

"Peserta didik tidak perlu takut dan khawatir karena kegiatan ini sudah bukan lagi perpeloncoan atau kegiatan yang menakutkan tapi justru kegiatan yang positif dan menyenangkan untuk diikuti, "jelas Faizun.

Model Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru ini dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, bahwa dalam pelaksanaannya perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.*

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan