Sat08242019

Last updateFri, 23 Aug 2019 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Kontes Domba Batur Upaya Meningkatkan Martabat Ternak Banjarnegara

Kontes Domba Batur Upaya Meningkatkan Martabat Ternak Banjarnegara

DIENG - Festival Domba Batur yang masuk menu event Dieng Culture Festival 2019, menjadi momen mempromosikan potensi peternakan domba andalan Kabupaten Banjarnegara,  Gelaran tersebut diselenggarakan di Dieng, Sabtu siang (3/8/2019).

 

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Totok Setya Winarna menjelaskan, sentra peternakan domba berada di Kecamatan Batur, karena itu hewan ini sering disebut domba Batur atau domba Dieng.

"Kontes Domba kali ini diikuti 112 ekor domba  yang ikut serta dalam berbagai macam lomba, yaitu lomba kerapian cukur bulu domba, lomba foto, dan kontes domba Batur," katanya.

"Tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana promosi sumber daya genetik (SDG) domba Batur guna penjaringan bibit unggul domba," kata Totok dalam laporannya.

Ada dua jenis domba Dieng, yakni domba marino dan teksel Batur.  Marino memiliki ciri khas berbulu tebal, menutupi badan, kaki besar, badan lebar, bobotnya lebih berat dan makanannya fermentasi rumput serta bekatul. Sedangkan teksel Batur  memiliki telinga besar tapi tipis, kaki tinggi kecil bulunya tidak menutupi badan, dan biasanya untuk dijadikan sate," imbuhnya.

Bupati Banjarnegara Budi Sarwono dalam sambutannya, berpesan kepada peternak untuk meningkatkan hasil budidaya domba Batur. Budi juga menginginkan ada persilangan domba, agar diperoleh kualitas yang lebih baik.

"Sektor peternakan memberikan manfaat ekonomi baik bagi peternak dan perekonomian daerah, melalui pengembangan pariwisata yang terintegrasi dengan peternakan," kata Budi.

"Ayo kita kembangkan dan budi dayakan domba Batur untuk meningkatkan martabat peternak dan juga ternak domestik," kata bupati.

Kegiatan tersebut juga dihadiri sekretaris anggota dewan pertimbangan presiden Juli Trisna Dewani, Direktur Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI, Dekan Fakultas peternakan dan  Fakultas Kedokteran hewan dari UGM Undip dan Unsoed, dilanjutkan dengan minum susu bersama anak-anak sekolah dasar Dieng. ***

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan