Sat08242019

Last updateFri, 23 Aug 2019 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Bupati Banjarnegara Serahkan Bantuan Pemasangan Listrik Murah dan RTLH

Bupati Banjarnegara Serahkan Bantuan Pemasangan Listrik Murah dan RTLH

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, menyerahkan bantuan berupa pemasangan meteran listrik murah bersubsidi dan bantuan untuk perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada warga kurang mampu. Bantuan secara simbolis diserahkan di aula Kecamatan Banjarnegara, Rabu (7/8/2019). 

 

Paket tersebut merupakan bantuan dari PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC), salah satu badan usaha milik Provinsi Jawa Tengah, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Bentuknya pemasangan 40 meteran listrik murah dan bersubsidi dan stimulan perbaikan 7 unit RTLH masing-masing Rp. 10 juta, dengan total senilai Rp. 148.800.000,-

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengucapkan terima kasih kepada PT Sarana Patra Hulu Cepu atas kepedulian dan bantuan yang telah diberikan. Kepada Bapak/Ibu penerima saya ucapkan selamat, dan manfaatkan sebaik-baiknya sesuai peruntukannya,” kata bupati.

Menurutnya, bantuan RTLH sangatlah tepat. Masalah RTLH yang belum tertangani maksimal merupakan masalah bersama. Sampai dengan tahun 2019 ini, kata bupati, jumlah RLTH di Banjarnegara masih 41.157 unit, sehingga penanganannya membutuhkan biaya yang besar.

“Dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemkab melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jalan. Dan percepatan penanganan RTLH juga menjadi prioritas utama untuk diselesaikan,” imbuhnya.

Adapun mengenai pemasangan meteran listrik murah bersubsidi, Direktur PT SPHC Ir. H.Muchammad Iqbal, MM, menjelaskan, penerima manfaat yang terpilih sudah diverifikasi, yang tersebar di Kecamatan Banjarnegara (Kelurahan Argasoka), Kecamatan Sigaluh (Desa Bojanegara, Pringamba); Kecamatan Madukara (Desa Cendana). Daya yang disambungkan meteran listrik tersebut 450 Volt.

Muchammad Iqbal menjelaskan, PT SPHC merupakan BUMD milik Provinsi Jawa Tengah yang bergerak dibidang Pengelolaan Participating Interest  (PI) Minyak Blok Cepu.

“Salah satu misi kami adalah dengan program CSR perusahaan kami ingin berpartisipasi meningkatkan taraf hidup masyarakat Jawa Tengah melalui Program Bina Lingkungan,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal, perusahaannya datang untuk menyampaikan arahan dari Bapak Gubernur, bahwa tingkat Kemiskinan di Jawa Tengah masih cukup tinggi. Masih tercatat 14 kabupaten di Jawa Tengah dalam kategori Kabupaten Merah. Salah satunya Kabupaten Banjarnegara. 

“Kita yakin dan mampu, bahwa Banjarnegara secara perlahan akan bangkit dan dapat merubah kategori Merah menjadi Kuning hingga pada suatu saat akan menjadi Hijau,” ujarnya dengan nada optimis dalam sambutannya.

Salah seorang penerima manfaat, Ponijem, warga Pringamba, satu dari warga penerima manfaat program sambungan listrik gratis mengaku bersyukur bisa menerima bantuan sambungan listrik gratis. “Saya terima kasih dan bersyukur sekali. Sudah lama saya menunggu-nunggu akhirnya bisa menikmati listrik sendiri,” ujarnya yang kesehariannya bekerja sebagai petani.

Demikian pula Sahono, warga Desa Cendana, yang memperoleh bantuan RLTH. Ia telah bersiap untuk merehab atap rumahnya yang sudah lapuk.

Penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan Komisaris perusahaan, Ir. Teguh Dwi Paryono, MT, Kepala DPKPLH Kabupaten Tursiman S.Sos, OPD Dinsos, Dispermades PPKB, Camat Sigaluh, Camat Banjarnegara, Lurah Argasoka, para Kades, dan tokoh agama, tokoh masyarakat setempat. ***

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan