Sat08242019

Last updateFri, 23 Aug 2019 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Bupati Akan Percantik Jalur Depan RSUD Hj Anna Lasmanah

Bupati Akan Percantik Jalur Depan RSUD Hj Anna Lasmanah

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono melakukan pemeriksaan dan pembersihan  drainase jalan yang semula dipakai pedagang kaki lima (PKL) RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara. pasca pemindahan PKL ke area baru eks gedung Dinas Kesehatan, Senin (12/8/2019). Bupati didampingi Kasatpol PP Esti Widodo, Direktur RSUD dr Erna Astuti, Dinas Perhubungan bersama pekerja dari DPU, Satpol PP dan DPKPLH. Hasilnya, banyak ditemukan sampah dan limbah minyak di dalam gorong - gorong.

 

"Ternyata setelah kita  bongkar banyak sekali sampah di dalamnya. Langsung saja kita bedah, kita angkut sampahnya dan salurannya kita gelontor dengan air deras," kata Budhi saat membersamai pekerja menggelontor air ke gorong - gorong dengan tangki air.

Budhi berencana akan membuka gorong - gorong tersebut dan mengeraskan serta merapikan lingkungan di sekitarnya. Di atas gorong - gorong ditemukan kondisi trotoar sudah labil karena banyak digunakan pedagang untuk tiang pancang tenda dagangan.

"Pasti ditata lagi. Kita bongkar gorong - gorongnya. Kita perbaiki trotoarnya dan dikasih bunga-bunga, karena ini area rumah sakit. Harus indah dan nyaman,” imbuh bupati sembari memberi komando pada puluhan pekerja yang terlibat.

Tak kalah penting, lanjut bupati, ia berencana untuk memberlakukan satu jalur pada Jalan Jenderal Soedirman, khususnya yang melintasi rumah sakit tersebut.

“Ya, idealnya ini satu jalur, jadi akan membuat nyaman masyarakat yang akan ke rumah sakit. Akan segera saya koordinasikan dengan Polres dan Dinhub untuk itu,” ujarnya.

Lebih tertib

Pada pemindahan PKL yang berjualan di depan RSUD Hj Anna Lasmanah, suasana di sekitar tampak tertib. Lalu lintas lancar, dan pemandangan di halaman rumah sakit tak lagi terhalang.

Kasat Pol PP Banjarnegara Esti Widodo mengatakan, ada 25 PKL RSUD yang dipindahkan ke area baru di kompleks eks Dinas Kesehatan. “Totalnya 25. Yaitu 17 pedagang yang ada di depan rumah sakit, dan 8 lainnya yang di seberang utara,” katanya.

Esti menambahkan, setelah pemindahan ini, maka area depan RSUD steril. “Tidak boleh untuk berjualan atau untuk parkir,” lanjutnya. 

Menurutnya, lahan relokasi digunakan untuk parkir karyawan dan pengunjung rumah sakit. Parkir sudah tertib, dan kini PKL sudah penyesuaian di lahan baru,” jelasnya.

Salah satu PKL, Yanto, mengaku siap menempati lahan yang baru. Ia yang membuka lapak Ronde Buah, berterima kasih Pemerintah memperhatikan proses relokasi.

“Tempatnya baru, jadi saya harus rajin sosialisasi kepada pelanggan. Bismillah Insya Allah di tempat baru ini dagangan saya tetap laris dan barokah,” katanya optimistis. (mujiprast/Dinkominfo)

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan