Mon09162019

Last updateMon, 16 Sep 2019 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Berita

Berita

Budhi Sarwono Sidak RSUD Hj. Ana Lasmanah Banajarnegara

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono melakukan inspeksi mendadak ( sidak ) pada RSUD Hj.  Anna Lasmanah Banjarnegara, di dampingi Sekretaris Daerah Indarto dan Kasatpol PP . 26/12

Sidak dilakukan atas  masukan dari SMS/ laporan masyarakat kepada bupati. Satu persatu ruangan di tinjau bupati yang dimulai dari ruangan Instalasi Gawat Darurat ( IGD) sampai keruang  kelas III.

Budhi Sarwono menyampaikan, dalam sidak ini ada sejumlah hal yang perlu disoroti terutama soal kapasitas ruangan kelas III yang penuh sesak sehingga tidak bisa lagi menampung pasien yang begitu banyaknya. 

“Saya sangat prihatin dengan kondisi  Ruangan Kelas III yang  Penuh  sesak banyak pasien  belum mendaptkan  tempat.  Dalam waktu dekat ini saya dengan Sekretaris Daerah Banjarnegara  akan mencari solusi dan akan saya sampaikan ke  DPR untuk mencari  tempat  supaya bisa menampung pasien - pasien yang ada di Banjarnegara.

Pada prisnsipnya pemerintah kabaupaten akan melayani masyarakat dengan baik walaupun itu semuanya pasien BPJS,  itu semua kewajiban pemerintah Kabupaten Banjarnegara untuk melayani masyarakat.

Kelompok Usaha Maju Bersama Kembangkan Sirup Carica

BANJARNEGARA-Carica yang merupakan salah satu buah khas  Dieng menjadi komoditas yang di kembangkan oleh Kelompok usaha Maju bersama  Desa Kepakisan Kecamatan Batur. Melalui bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesan kelompok ini mengembangkan sirup carica sebagai komoditas untuk meningkatkan penghasilan bagi masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok usaha Maju bersama .

Ketua Kelompok usaha bersama Mujiati menyampaikan , kelompok yang berdiri pada tahun 2012 tersebut beranggotakan 18 orang yang terdiri dari ibu rumah tangga di Desa Kepakisan.

“Kelompok kami mengawali usaha bersama dengan bantuan sebesar Rp. 19 juta dari PNPM Mandiri pedesaan, bantuan tersebut kami manfaatkan untuk mengembangkan usaha carica. Selain bahannya yang mudah di dapat, mengembangkan carica sama saja mengembangkan potensi buah yang dimiliki kecamatan Batur,” kata Mujiati

Setiap hari lanjut Mujiati, kelompoknnya membuat 35 kilogram carica pada hari hari biasa, namun jika musim panen mampu memproduksi hingga 50 kilogram per hari.

“Setiap hari kami bekerja selama 8 jam, bila musimpanen kami bekerja selama 10 jam, “ lanjutnya.

Bahan-bahan utama yaitu buah carica juga tidak terlalu sulit mendapatkannya, kareda di Desa Kepakisan juga banyak terdapat buah  tersebut.

Berkat peningkatan kapasitas kelompok tani Maju bersama ini mampu memproduksi Hasil pembuatan carica dibungkus dengan berbagai kemasan yaitu dalam bentuk Cup, Gelas , dan kaleng kaca dengan berbagai variasi harga tergantung kemasan. Mulai dari Rp. 3.000,- hingga Rp. 8.000,-. Carica produksi kelompok usaha manju bersama ini mempunyai daya tahan hingga 3 bulan.

“Hasil produksi carica kami pasarkan ke berbagai kota seperti Jakarta, Tegal, Semarang, Cilacap, Jogja dan pasaran lokal di Banjarnebara, Wonosobo,” tambahnya.

Sebagian dari keuntungan hasil penjualan tersebut digunakan untuk meningkatkan usaha , dan sebagian di gunakan sebagai penghasilan dari pekerja yang terdiri dari ibiu-ibu rumah tangga.

                Kepala Desa Kepakisan Hamid Sobar mengatakan kelumpok tani maju bersama yang sebagian besar beranggotakan ibu-ibu rumah tangga  tersebut memanfaatkan dana PNPM Mandiri untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki desanya yaitu carica.

                Menurutnya selain mudah di dapat karena banyak terdapat di Desa Kepakisan, Carica juga merupakan buah yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

                “Jika carika di jadikan salah satu produksi otomatis kelestariannya akan terjaga  karena para petani dituntut untuk selalu bisa menyediakan buah carica bagi pelaku usaha yang setiap saat membutuhkannya,” kata Hamid

                Sementara Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo di sela-sela kunjungannya ke Desa Kepakisan mengatakan salah satu upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan adalah dengan memberdayakan masyarakat melalui berbagai kegatan usaha seperti yang dilakukan oleh kelompok usaha maju bersama .

                “Pemerintah sangat mendukung kegiatan pemberdayaan kelompok yang bermuara kepada pengentasan kemiskinan ,pemkab juga pasti akan memberikan batuan permodalan untuk mengembangkan usaha produktif seperti yang dilakukan kelompok usaha bersama ini dalam memperoduksi carica,” kata Sutedjo.(**anhar)

Ingin Menyumbang PAD lewat Wisata Bukit Cinta

 

                BANJARNEGARA- Pariwisata merupakan salah satu program yang sedang gencar di promosikan pemkab Banjarnegara . Kita mempunyai beberapa destinasi wisata, bahkan mempunyai wisata yang sudah melegenda yaitu candi dieng.

Read more: Ingin Menyumbang PAD lewat Wisata Bukit Cinta

Kades dan Perangkat Diminta Hapal Bumil

(BANJARNEGARA) – Kades dan Perangkat Desa Kutayasa, Madukara, diminta hapal di luar kepala berapa jumlah ibu hamil (Bumil) yang ada di desa. Hapal informasi tentang Bumil ini penting untuk menunjang keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan. Sebab jika Kades dan Perangkat Hapal Bumil diharapkan perawatan Bumil selama masa kehamilan tertangani dengan baik sehingga menjamin keselamatan dan kesehatan bayi serta ibunya. Demikian disampaikan Wakil Bupati Drs. Hadi Supeno, M. Si., Sabtu (01/02) di Pengajian Maulud Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Kutayasa, Madukara.

Read more: Kades dan Perangkat Diminta Hapal Bumil

Intensitas Hujan tinggi, Warga Diminta Waspada Bencana Longsor

Warga Diminta Selalu Bersyukur

 

Read more: Intensitas Hujan tinggi, Warga Diminta Waspada Bencana Longsor

DPAC Dan Pengurus Ranting HKTI Pejawaran Di Kukuhkan

BANJARNEGARA-Untuk meningkatkan kinerja Pengurus anak cabang dan pengurus ranting HKTI Kecamatan Pejawaran, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia  (HKTI) Banjarnegara, Selasa (28/1) melantik dan  mengukuhkan pengurus cabang dan pengurus  ranting HKTI Pejawaran di  Balai Desa Pejawaran.Pelantikan dilakukan oleh Bupati Banjarnegara yang juga Ketua HKTI Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo.

Read more: DPAC Dan Pengurus Ranting HKTI Pejawaran Di Kukuhkan

Simulasi Penanggulangan Kebakaran Warnai Upacara Hari K3 DanBulan K3

BANJARNEGARA-Simulasi penanggulangan kebakaran secara tradisional dan modern oleh tim SAR PT. Indonesia Power mewarnai upacara peringatan hari keselamatan dan kesehatan kerja nasional dan pernyataan dimulainya bulan keselamatan dan kesehatan kerja nasional tahun 2014 Banjarnegara di lapangan Indonesia Power UPB Mrica Senin (27/1).

Read more: Simulasi Penanggulangan Kebakaran Warnai Upacara Hari K3 DanBulan K3

Pedagang Kecil Produktif Menjadi Prioritas Pentasyarufan Baz

BANJARNEGARA-Pedagang kecil produktif yang  membutuhkan bantuan modal menjadi prioritas bagi pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) Banjarnegara dalam pentasyarufan. Prioritas tersebut dimaksudkan agar pedagang kecil mampu mengembangkan usahanya hingga mampu mandiri dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain seperti tenaga kerja sehingga  bisa mengurangi angka kemiskinan dan pengguran di Banjarnegara.

Read more: Pedagang Kecil Produktif Menjadi Prioritas Pentasyarufan Baz

Subcategories

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan