Wed08212019

Last updateWed, 21 Aug 2019 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Umum Melalui BAZ, Diharapkan Angka Kemiskinan Berkurang

Melalui BAZ, Diharapkan Angka Kemiskinan Berkurang

BANJARNEGARA-Meskipun angka kemiskinan di Banjarnegara  sudah berkurang, namun pemerintah daerah Banjarnegara terus berupaya agar angka kemiskinan menurun setiap tahunnya. Salah satu upaya dalam rangka mengentaskan kemiskinan adalah melalui Badan Amil Zakat (BAZ) Banjarnegara.

 

Sekretaris BAZ Banjarnegara Nuning Sukesi berharap melalui BAZ angka kemiskinan di Banjarnegara bisa berkurang , dengan pentasyarufan BAZ yang dilakukan setiap enam bulan sekali kepada warga kurang mampu.

“Zakat yang kami berikan diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan di Banjarnegara, dana yang kami berikan peruntukannya untuk modal usaha , sehingga diharapkan setelah mendapatkan bantuan modal mustahik bisa mengembangkan diri dan beralih mejadi muzakki atau pemberi dana bagi kaum yang tidak mampu,” kata Nuning.

Agar lebih selektif dalam memberikan dana BAZ, Nuning memilih pedagang produktif  sebagai sasaran dana BAZ. Pedaganag atau pengusaha kecil setelah menerima dana tersebut diharapkan bisa mengembangkan usahanya sehingga nantinya mampu merekrut tenaga kerja dan otomatis akan mengunrangi tenaga kerja dan kemiskinan tentunya.

Dalam pengelolaan sendiri Nuning sangat berhati-hati. Uang hasil zakat di akomodir dan di administrasikan dengan rapi, sehingga tidak ada kesalahan dalam perhitungan, pemasukan dan pengeluaran dana .

“Dana yang kami terima merupakan amanah dari masyarakat dan harus sampai ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan yaitu mustahik, jadi harus kami administrasikan dengan baik dan rapi, sehingga jika ada selisih bisa segera tertangani,” lanjut Nuning.

Terkait dengan dana BAZ, saat ini kesadaran masyarakat akan zakat semakin tinggi, setelah turunnya perda yang mengatur tentang zakat.

“Dulu dana yang kami berikan masih sedikit karena masih sedikit yang belum tahu tentang zakat ,kini setelah turunnya perda tentang zakat dana yang terkumpul bisa dibagikan bagi hampir 1000 orang setiap kali pentasyarufan atau enam bulan sekali,”lanjut Nuning.

Nuning juga menjadin penyaluran dana BAZ sangat transaparan dan sudah sesuai dengan aturan dan peruntukannya.

“Melalui Pengelolaan BAZ yang baik dan transparan kami berharap angka kemiskinan di Banjarnegara semakin berkurang,” pungkas Nuning (**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan