Sat08242019

Last updateFri, 23 Aug 2019 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Umum 30 Pasien Mendapat Pelayanan Gratis Operasi Katarak

30 Pasien Mendapat Pelayanan Gratis Operasi Katarak

 BANJARNEGARA-RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia dan PT. Sido Muncul mengadakan bakti sosial berupa operasi katarak Minggu (13/4) .Sebanyak  40 Mata atau 30 pasien mendaftar dalam kegiatan tersebut.

“Bakti sosial operasi katarak ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh RSUD Hj. Lasmanah Banjarnegara dengan memprioritaskan kepada masyarakat kurang mampu, operasi mata katarak secara gratis ini juga merupakan bagian dari gerakan penanggulangan buta katarak Indonesia,” kata  Kepala Bidang Pelayanan RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara dr. Latifah Hesti.

Latifah menambahkan sebelum mendapatkan pelayanan operasi mata katarak gratis, pasien terlebih dahulu di jaring melalui undangan lewat puskesmas terdekat dari penderita katarak. Setelah mendaftar penderita kemudian di periksa terkait dengan layak tidaknya si penderita untuk di operasi.

“Berdasarkan data dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi saat ini terdapat kurang lebih 100 penderita katarak di Banjarnegara yang melapor, sebenarnya masih banyak tapi karena enggan melapor sehingga mereka tidak terdaftar,” lanjut Latifah.

Latifah menambahkan penderita katarak di Banjarnegara umumnya karena faktor usia. Faktor usia lanjut juga menjadi salah satu faktor keengganan penderita katarak untuk melapor.

Katarak sendiri hingga kini masih dianggap sebagai salah satu penyebab paling menakutkan dari kebutaan yang di derita orang dan merupakan masalah nasional yang perlu ditanggulangi karena merupakan penyebab umum kehilangan pandangan secara bertahap.

“Untungnya kebutaan yang disebabkan katarak dapat diobati dengan jalan operasi mata, semakin awal ditangani semakin baik pula hasilnya bahkan bisa sembuh 100 persen seperti kondisi saat sehat,” tambah Latifah.

Sementara Direktur RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara Agung Budianto menambahkan yang menjadi masalah dalam pengobatan penyakit katarak bagi masyarakat adalah kendala biaya. Menurut Agung Biaya operasi katarak sudah termasuk biaya lensa sintetis yang ditanam di dalam bola mata untuk menggantikan yang asli memakan biaya antara 4 hingga 5 juta rupiah.

“Bagi masyarakat miskin cukup berat, Meskipun ada pelayanan khusus bagi masyarakat kurang mampu melalui Jamkesmas, sehingga dengan adanya kegiatan bakti sosial seperti ini masyarakat kurang mampu bisa normal kembali,” kata Agung.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo pada kesempatan tersebut memberikan apresiaisi kepada Perdami dan Sidomuncul yang telah memberikan bantuan secara gratis untuk operasi mata katarak.

“Kami berharap kedepan semakin banyak pihak yang peduli terhadap masalah buta katarak khususnya penderita katarak di Banjarnegara. Kami mengharapkan kerjasama dengan berbagai pihak,karena tanpa bantuan dari pihak lain program ini tidak dapat berjalan dengan baik,” kata Bupati Sutedjo.(**anhar)

 

 

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan