Sat08242019

Last updateFri, 23 Aug 2019 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Umum Bupati Terima Tim Ekpedisi Pawonan

Bupati Terima Tim Ekpedisi Pawonan

BANJARNEGARA – Bupati Sutedjo Slamet Utomo, SH., M. Hum., mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pramuka Kwarcab Banjarnegara dan pecinta alam Argapala dari desa Karangtengah, Batur, yang membuka rintisan wisata alam dengan melakukan ekspedisi bukit Pangonan.  Hal ini disampaikan Bupati-Wakil Bupati saat menerima Tim Ekpedisi di panggung kesenian Dieng Culture Festival (DCF) V bersama Dandim 0704 dan Kapolres, Minggu (31/08).

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh pramuka dan anggota pecinta alam ini telah memberi inspirasi bagi pihak luar tentang keindahan panorama yang bisa dilihat dari bukit Pangonan. Sebab dari atas  bukit Pangonan, lanjutnya, pecinta wisata alam bisa menikmati beragam sudut keindahan alam Dieng.
“Dari bukit Pangonan, bisa disaksikan sunrise di pagi hari maupun panorama sunset di sore hari, panorama telaga Merdada dilihat dari atas, telaga sumurup, telaga nirwana, candi Wisanggeni, panorama Komplek Candi Arjuna. Dari sisi ini, bisa dilihat juga panorama gunung Slamet dan arus lalu lintas di pantura” katanya.
Bupati juga mengapresiasi kegiatan lain yang dilakukan Tim yaitu melakukan penanaman pohon langka di lokasi bukit Pangonan. Langkah ini membawa pesan bahwa upaya akhir dari kegiatan ini adalah bertujuan untuk pelestarian lingkungan alam. Karena itu dirinya berharap upaya ini jangan berhenti di sini.
“Misi pelestarian alam ini penting untuk masa depan Dieng karena itu saya berharap kegiatan seperti ini  untuk dilanjutkan dan diteruskan” katanya.
Koordinator Tim Ekspedisi Sekretaris Kwarcab Tapsirun menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ekspedisi ini adalah untuk melestarikan budaya Dieng dan melestarikan lingkungan alam Dieng. Ekspedisi, lanjutnya, diikuti oleh 137 anggota Pramuka Penegak dan 4 Satuan Karya, serta 35 anggota Pecinta Alam Argapala dari Karangtengah. Titik start awal, lanjutnya, dimulai dari Telaga Merdada pada pukul 03.00 WIB dan sampai di puncak pada pukul 04.00 WIB.
“Di puncak bukit Pangonan anggota menancapkan Bendera Merah Putih dan melakukan penanaman 100 tanaman Purwaceng” katanya.
Selain itu, lanjutnya, setiap anggota Tim dibekali tas kersek untuk memungut sampah yang dijumpai di sepanjang perjalan dan membersihkan sampah di wilayah atas bukit.
“Kami berharap upaya kami ini mampu membuka wawasan bagi para pecinta wisata alam bahwa ada peluang wisata lain di Dieng yaitu wisata alam mendaki gunung Pangonan” katanya. . (**--eko br)

 

 

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan