Thu08222019

Last updateThu, 22 Aug 2019 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Umum Dieng Kulon Raih Juara 1 Desa Wisata Nasional

Dieng Kulon Raih Juara 1 Desa Wisata Nasional

 BANJARNEGARA- Desa Wisata Dieng Kulon Kecamatan Batur meraih juara 1 desa wisata tingkat nasional tahun 2014. Penghargaan diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu pada acara pemberian penghargaan Desa Wisata tahun 2014 kepada 10 Desa Wisata penerima PNPM Mandiri pariwisata yang dinilai berhasil dalam mengelola potensi pariwisata desa untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa di Desa Pakreman Jasri Karangasem Provinsi Bali Sabtu (27/9) lalu.
Penghargaan diterima oleh Ketua  Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Fauzi yang mewakili pengelola Desa Wisata  Dieng Kulon Kecamatan Batur.

“Dieng Kulon mengungguli Desa Penlipuran Kabupaten Bangli Provinsi Bali dan Desa Gubugklakah Kabupaten Malang  serta desa lain yang masuk 10 besar desa wisata nasional, dari penghargaan tersebut Dieng kulon mendapatkan penghargaan berupa tropy, Piagam dan uang pembinaan sebesar Rp. 20 juta,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara Tulus Sugiharto.

Tulus menambahkan PNPM Mandiri Pariwisata di mulai tahun 2009 sebanyak 104 desa, tahun 2010 sebanyak 200 desa, tahun 2011 569 desa, tahun 2012 978 desa dan tahun 2013 sebanyak 980 desa dan Tahun 2014 hanya terealisasi 45 desa.

“Target yang tercapai dari tahun 2009 sampai dengan 2014 sebanyak 1.210 desa, dan sejak tahun 2012 Kemenparekraf setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada 10 desa wisata terbaik,” lanjut Tulus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu usai memberikan penghargan mengatakan dalam kode etik pariwisata Global UNWTO bahwa penduduk lokal kepariwisataan dan berbaai kegiatan secara adil dalam manfaat ekonomi, sosial dan budaya yang dihasilkan. Untuk itu Kemenparekraf meluncurkan program nasional pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata sejak tahun 2009 dan memberikan apresiasi bagi desa-desa yang berhasil mengelola dan mengembangkan bantuan PNPM Mandiri Pariwisata.

“Penghargaan ini merupakan upaya untuk mendorong masyarakat pengelola desa wisata serta dalam rangka meningkatkan kualitas yang berbasis kepada pemberdayaan masyarakat,” kata Mari.

Sebelumnya ditetapkan sebagai juara I desa Dieng Kulon terlebih dahulu melewati seleksi dokumen peserta terhadap 148 desa dari 29Pprovinsi terpilih menjadi nominasi sebanyak 29 desa dari 23 kabupaten di 11 Propinsi, selanjutnya dewan juri didampingi tim Kemenparekraf pada tanggal 20 Agustus hingga 14 September 2014 melakukan peninjauan dan penilaian lapangan untuk melihat kesesuaian antara data dan fakta di lapangan terhadap 29 desa wisata yang masuk nominasi pemenang penghargaan desa wisata 2014.

“Ditetapkannya Dieng Kulon sebagai juara I Desa wisata tingkat nasional maka dieng Kulon bisa di agendakan sebagai penyelenggara pemberian penghargaan desa wisata tahun 2015,” pungkas Tulus (**anhar)

 

 

 

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan