Thu10172019

Last updateThu, 17 Oct 2019 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Derap Serayu online Hujan Deras, Sungai Serayu Meluap

Hujan Deras, Sungai Serayu Meluap

Hujan Deras, Sungai Serayu Meluap

Hujan deras yang mengguyur wilayah Banjarnegara dan sekitar, sejak Rabu (10/12), membuat Sungai Serayu meluap. Akibatnya, puluhan rumah di tepian sungai itu terendam. Berdasarkan pantauan di Dusun Kunden, Desa Purwareja, Kecamatan Purwareja Klampok, sekitar sepuluh rumah terendam. Banjir juga melanda Desa Karangjati dan  Desa Dermasari Kecamatan Susukan.

Sementara mengenai kondisi Serayu di wilayah hulu Kabupaten Banjarnegara, ketinggian air sudah menyentuh jembatan Sempol di Kecamatan Sigaluh, Jembatan Singomerto-Madukara, Jembatan Parakan Canggah-Sered, dan Jembatan Rejasa. Beberapa lokasi wisata seperti area Serayu Adventur Singamerta juga tersapu banjir Sungai Serayu.Dalam kejadian itu, satu jembatan gantung  juga hilang diterjang arus Serayu.
Menjelang malam, warga mulai mengungsi dan mengevakuasi barang-barangnya ke tempat yang aman menggunakan mobil pikap dan truk.
Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara, Catur Subandrio mengatakan, rumah-rumah yang terendam itu berada di beberapa desa di Kecamatan Purwareja Klampok dan Susukan. Namun, pihaknya, belum bisa memastikan jumlahnya.
Beberapa warganya telah mengungsi. Tim SAR Banyuwoong, Banjarnegara mengevakuasi tujuh orang dari lokasi tersebut. “Kami mengevakuasi tujuh orang yang saat itu berada di atap rumah,” ujar Tri Gundul, anggota Tim SAR, kemarin.
Tak hanya itu, berdasar data BPBD Banjarnegara, di kabupaten tersebut juga terjadi longsor di 67 titik di 27 desa. Akibatnya, 54 rumah rusak, baik rusak berat, sedang, dan ringan.  Banyak jalan raya antarkecamatan dan desa ambles dan longsor, di antaranya di Kecamatan Pagentan, Pandanarum, dan Karangkobar. Jalan raya Banjarnegara-Karangkobar ambles dan terputus sehingga lalu lintas macet.
Sementara itu, PT Indonesia Power UBP Mrica Banjarnegara, kemarin, membuka dua spillway atau pintu pembuangan air Waduk Mrica. Hal itu untuk mengendalikan elevasi air karena debit air yang masuk ke waduk meningkat.
Manajer Humas PT Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Mrica, Sambudi mengatakan, dengan pembukaan pintu air tersebut maka debit air Sungai Serayu di wilayah setelah Waduk Mrica akan meningkat.  Dia menghimbau masyarakat tidak perlu resah karena konstruksi bendungan masih kuat. Pada 2010 debit air pernah tercatat mencapai 1.800 meter kubik per detik.  Penjelasan tersebut untuk menepis kabar di masyarakat, bahwa Waduk Mrica atau Waduk Panglima Besar Sudirman jebol.
 Sambudi menambahkan, pintu air Waduk Mrica dilengkapi alat yang akan membuka secara otomatis ketika debit air yang berada di waduk mulai meninggi. Dia juga meminta warga agar tidak panik akibat kabar yang beredar di sosial media jika Waduk Mrica jebol.
“Waduk Mrica dilengkapi alat yang secara otomatis akan membuka saat air meninggi. Warga saya harap tetap tenang karena kondisi waduk saat ini masih aman normal, PT Indonesia Power pengendali waduk Mirca siang kemarin sudah membuka semua pintu air yang jumlahnya ada 4 pintu air. Hal ini akan menyebabkan gelontoran air dari Serayu sebanyak 1.600 meter kubik per detik,’’ jelasnya.
Terkait pembukaan seluruh pintu air Waduk Mrica dan juga pasokan air dari Sungai Klawing dan Sungai Sapi dari hulu di Purbalingga yang juga mengalami peningkatan debit, maka daerah di sekitar DAS dan jembatan Serayu di wilayah DAS Serayu wilayah Banjarnegara, Purba-lingga, dan Banyumas ditetapkan dalam status bahaya Siaga I. ‘’Kita sudah koordinasi dengan berbagai pihak terkait di tiga kabupaten untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan,’’ ujarnya.
Sambudi menyebutkan, limpahan air Sungai Serayu dari Waduk Mrica kemungkinan akan masuk wilayah Kabupaten Banyumas pada pukul 21.00 WIB. Terkait kondisi ini, hal-hal yang perlu diwaspadai adalah kondisi-kondisi jembatan yang membentang di atas Sungai Serayu dan juga kondisi di Bendung Gerak Serayu Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas.(**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan