BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, meninjau proyek peningkatan jalan Jalur Desa Gunungjati hingga Desa Lebakwangi Kecamatan Pagedongan, (1/7/2020). Jalan kabupaten sejauh 5 kilo meter dengan lebar 4 meter itu segera halus mulus, karena pengerjaannya yang terus dikebut. Kini pengerjaannya sudah mencapai sekitar 60 persen. Adapun anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp 7 miliar lebih dari dana APBD.

Budhi Sarwono menjelaskan, wilayah kecamatan Pagedongan tahun ini digelontor anggaran infrastruktur jalan total Rp. 29,1 miliar untuk beberapa paket ruas jalan.

Paket jalan di jalur ini, menurutnya, sudah lama diajukan masyarakat, namun baru pada tahun ini bisa direalisasikan.

“Ini jalur ekonomi warga, terutama hasil kayu dan pertanian, juga merupakan jalur pendidikan menuju ibu kota Kecamatan Pagedongan,” kata bupati.

Ia juga menambahkan sedang memproyeksikan sistem penerangan jalan dengan tenaga surya di tahun mendatang.

“Setelah prioritas program infrastruktur jalan selesai di tahun 2020 ini, tahun depan kita lengkapi dengan penerangan jalan. Kita akan upayakan tenaga surya, sehingga lebih efektif,” imbuhnya.

“Jadi jalan sudah halus, kalau malam terang. Namun demikian masyarakat saya harap ikut menjaga baik jalan, maupun keamanan lingkungan masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, kabid Bina Marga DPU PR Kabupaten Banjarnegara, M Arqom al Fahmi ST mengatakan, kegiatan proyek peningkatan jalan sudah mulai berjalan di 20 kecamatan, sejak sebulan lalu.

“Sudah berjalan semua karena sudah dilelang. Progresnya bagus, rata-rata sudah mencapai sekitar 50 persen. Alhamdulillah pembangunan di lapangan tak terlalu terpengaruh pandemi Covid-19,” katanya.

Arqom menjelaskan, proyek jalan yang progresnya sudah mencapai lebih dari 50 persen tersebut antara lain : Peningkatan jalan dan pemeliharaan jalan di wilayah kecamatan Banjarnegara dengan nilai proyek Rp. 13,4 miliar, Peningkatan jalan dan pemeliharaan jalan di wilayah kecamatan Pagedongan dengan nilai proyek Rp. 29,1 miliar, Peningkatan jalan dan pemeliharaan jalan di wilayah kecamatan Bawang dengan nilai proyek Rp. 12,8 miliar, Peningkatan jalan dan pemeliharaan jalan di wilayah kecamatan Mandiraja dengan nilai proyek Rp. 24,1 miliar.

Muhtarom, warga Lebakwangi sangat senang dengan pembangunan jalan tersebut.

“Alhamdulillah akhirnya jalan di sini dibangun juga. Bagus dan mulus sekali, terima kasih,” komentar petani ini singkat.

Seperti diberitakan, Pemkab Banjarnegara berhasil menyisihkan dana kurang lebh 183 miliar lebih untuk membiayai pembangunan daerah, sehingga kegiatan infrastruktur khususnya pembangunan dan peningkatan jalan tidak terganggu.*(Muji P/Dinkominfo)*

downloadfilmterbaru.xyz bigoporn.club bok3p.site sablonpontianak.com

Share This

Share this post with your friends!