(BANJARNEGARA) – Banyak Hal yang harus dilakukan dalam mengelola website, bagaimana agar website pemerintah tidak hanya sekedar menyajikan informasi saja, tetapi juga diharapkan dapat menarik, komunikatif, mudah diakses dan disukai oleh pengunjung dalam mengakses informasi. Demikian disampaikan Ir. Setya Adi Parabayuwana, Sekretaris Dinkominfo Kabupaten Banjarnegara pada saat membuka kegiatan Fasilitasi updating website Perangkat Daerah, Kamis (03/10) di Laboratorium Komputer Dinkominfo Banjarnegara.

“Website yang baik adalah website yang memiliki isi  atau konten  yang bagus,  baik dari sifat informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib diumumkan secara serta merta  dan informasi yang wajib tersedia setiap saat, maupun informasi dan karakter khusus yang dimiliki oleh masing-masing perangkat daerah. Tidak kalah pentingnya  dalam pengembangan dan pengelolaan   website adalah bahwa data dan informasi yang ditampilkan harus selalu up to date” katanya.

Menurutnya, Pemanfaatan Website perangkat daerah di Kabupaten Banjarnegara untuk menyampaikan informasi publik saat ini belum optimal, karena sebagian besar website tidak update. Mengingat fungsinya yang strategis untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan Open Government Indonesia (OGI) atau pemerintahan yang terbuka maka Dinkominfo Banjarnegara berupaya untuk mendorong pengelolaan website perangkat daerah dengan melakukan Fasilitasi Updating Website secara bertahap.

“Dengan adanya website yang up to date diharapkan informasi-informasi mengenai kebijakan publik, layanan publik, program atau kegiatan, capaian kinerja dan potensi wilayah dapat disampaikan kepada publik” katanya.

Dia menjelaskan, penggunaan website juga menjadi salah satu sarana penyampaian informasi publik yang efektif dan efisien pada era digital saat ini.

“Penyediaan website perangkat daerah diharapkan dapat menjadi sarana untuk menyampaikan Informasi Publik yang akurat, benar, tidak menyesatkan dan dapat diakses dengan mudah dan murah oleh semua pihak” katanya.

Kepala Seksi Pelayanan Pengembangan Pengelolaan Aplikasi pada Dinkominfo Banjarnegara, Erni Anjarningsih, S.Kom mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta, mereka merupakan admin website pada masing-masing OPD yang websitenya terintegrasi dengan website Pemkab Banjarnegara yakni www.banjarnegarakab.go.id.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan website pemerintah yang informatif dan up to date serta untuk Updating Informasi Publik Tahun 2018 dan 2019” katanya.

Adapun materi pada pelatihan kali ini yakni Membuat menu pada website, membuat tabel, upload data dan membuat linknya, posting berita serta materi tentang Informasi Publik. ***** (Sudin)