Tim silat SMA N 1 Sigaluh Banjarnegara berhasil meraih 3 emas 1 perak dan 2 perunggu dalam kejuaraan pencak silat tingkat nasional Yogyakarta Championship 2019 yang digelar Selasa-Rabu (22-23/10) di GOR Amongrogo Yogyakarta. Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Aris Subiyono mengatakan ajang ini sudah kali ke 6 dilaksanakan dan diikuti oleh 3.170 peserta dari seluruh Indonesia.

Oficial tim silat SMA N 1 Sigaluh Fauzi Syihabudin mengatakan, dengan banyaknya peserta dalam ajang ini, ketika semua atlet mendapat medali maka menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Fauzi menambahkan peraihan medali emas disumbang oleh Dimas Aditya Nugroho, Okti Wan Romadhoni dan Erwin Kristianto. Adapun peraih perak Novita, dan perunggu diraih Deni Panji Herlambang dan Awaliatus Syafangah.

“Mereka rata-rata masih kelas X dan XI sehingga langkah mereka masih panjang. Ajang ini selain untuk meraih prestasi, juga sebagai persiapan menghadapi Popda tahun depan” jelas Fauzi.

Kepala SMA N 1 Sigaluh Ibnu Rohmadi mengatakan SMA N 1 Sigaluh memang memiliki talenta yang hampir setiap tahun tumbuh. Hal itu dikarenakan ada mekanisme pemberdayaan alumni untuk melatih adik kelasnya. “Pelatih siswa kami adalah alumni yang telah lulus dan mereka sukses mendapat kuliah dengan beasiswa Bidikmisi. Sehingga harapannya mereka mampu mengangkat adik kelasnya untuk meraih kesuksesan yang sama” jelasnya.(Muji P/Dinkominfo)