(BANJARNEGARA) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara mentasharufkan dana zakatnya untuk modal usaha, Rabu (13/11). Kegiatan ini berlangsung di Sasana Adiguna Praja Setda Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Baznas Kabupaten Banjarnegara, H. Sutedjo Slamet Utomo, S.H., M.Hum mengatakan, Pentasharufan dana zakat kali ini diberikan kepada 75 mustahik, mereka adalah para pelaku usaha di Kabupaten Banjarnegara yang telah diusulkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Kecamatan dan telah lolos verifikasi dari pihak Baznas.

“Pentasharufan kali ini berbeda dari biasanya, sebelumnya kita mentasharufkan dalam bentuk uang, namun sekarang kita tasharufkan dalam bentuk peralatan usaha, agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran” katanya.

Adapun peralatan usaha yang diberikan tergantung jenis usahanya, alat-alat yang diberikan juga menyesuaikan kebutuhan usaha para mustahik.

Sutedjo berpesan kepada para mustahik agar segera memanfaatkan bantuan sebaik mungkin, digunakan untuk menjalankan usahanya.

“Bantuan peralatan yang telah diterima jangan dijual, meski sudah tidak melakukan usaha, lebih baik dihibahkan ke anak atau sanak saudara” katanya.

Pada kesempatan yang sama, H. Eko Djunaidi, S.H., M.Hum, Sekretaris Baznas Kabupaten Banjarnegara menjelaskan bantuan peralatan yang diberikan nilainya antara Rp 2.000.000,- hingga 3.500.000,-, tergantung jenis usaha yang digeluti para mustahik.

“Kalau kita kelompokan jenis usaha para mustahik, diantaranya pedagang sembako, bubur ayam, pertukangan, potong rambut, bengkel, budidaya ikan tawar, penjual makanan/minuman, sate ayam dan sebagainya” katanya.

Bantuan yang diberikan oleh Baznas Kabupaten Banjarnegara kepada para mustahik diantaranya gerobag sayur, stand mixer, dispenser, kompor gas, mesin gerinda, mesin potong kayu, mesin serut/pasah, manual sealing macine, peralatan bengkel sepeda motor dan lain sebagainya. ***** (Sudin)