Banjarnegara – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara di dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Demikian disampaikan bupati saat memberikan sambutan pada acara Sarasehan Lintas Agama bertajuk “Gerakan Satu Bumi Satu Saudara” di Pendapa Dipayuda, Sabtu malam (23/11/2019).

Sarasehan tersebut dihadiri oleh unsur Forkompimda, TNI, Polri, para tokoh agama dari FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), tokoh masyarakat, OPD, dan ratusan relawan BPBD Banjarnegara serta pimpinan perguruan tinggi di Banjarnegara.

“Mari bersama-sama kita membina dan memelihara kerukunan intern dan antar umat beragama di Banjarnegara,” ajak Budhi

Ia juga mengimbau untuk menyikapi dengan cerdas dan arif perkembangan situasi yang dapat berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan mewaspadai munculnya gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme dan tindakan yang mengarah pada persoalan isu-isu SARA.

“Untuk itu saya sangat mendukung Gerakan Satu Bumi Satu Saudara. Inilah Banjarnegara, kabupaten yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Mari kita hidup rukun karena semua bersaudara,” ajak Budhi.

Dijelaskan Budhi, Indonesia merupakan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika, demikian pula Banjarnegara yang memiliki masyarakat yang heterogen dan terdiri dari berbagai etnis, agama, golongan dan suku.

“Oleh karena itu, para tokoh masyarakat di Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari lintas agama, lintas suku, lintas etnis, lintas golongan untuk senantiasa bersatu, kita samakan tujuan, kita rapatkan barisan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Purbalingga,” sambut Budhi.

Sementara itu, Kapolres AKBP Aris Yudha Legawa menyampaikan, sampai dengan saat ini kondusifitas di Kabupaten Banjarnegara masih terjaga dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran Forum Pimpinan Daerah (Forkompimda) TNI, Polri dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Kami berharap semua golongan dapat bersatu padu meningkatkan keguyub-rukunan dan merajut kebhinekaan bangsa yang tercipta di Kabupaten Banjarnegara.
Agar Kebhinekaan ini menjadikan kita bersatu sebagai warga masyarakat Banjarnegara,” sambut Kapolres.

Ia menandaskan, tujuan dari sarasehan ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan sekaligus mempererat persaudaraan antar golongan di Banjarnegara demi tegaknya persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Membangun persaudaraan serta membangun kondusifitas di Kabupaten Banjarnegara.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan doa bersama untuk kerukunan dan perdamaian bangsa, serta pembacaan ikrar dan penandatanganan ikrar Satu Bumi Satu Saudara oleh Forkompimda.*

Narasumber : Wakil Bupati Banjarnegara H. Syamdin S. Pd M. Pd dan kepala BPBD Banjarnegara, Arif Racham ST.