Banjarnegara – SMP Negeri 3 Banjarnegara menjalin kerjasama pembinaan pendidikan bela negara untuk peserta didiknya dengan Koramil 14/Madukara. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kerjasama oleh Danramil 14/Madukara, Kapten Inf. Koko Suwarko dan Kepala SMP Negeri 3 Banjarnegara, Suratno di halaman SMP Negeri 3 Banjarnegara, Senin (2/12), bersamaan dengan kegiatan Pramuka, yaitu upacara pembukaan Perkemahan Satu Hari (PERSARI).

Pada kesempatan ini Danramil, Kapten Inf. Koko Suwarko menyampaikan terimakasih kepada SMP Negeri 3 Banjarnegara yang telah mencetuskan kerjasama ini. “Tujuannya adalah membela negara yang didorong oleh rasa cinta terhadap tanah air,” ujarnya.

Danramil juga menyampaikan bahwa negara yang besar adalah negara yang menghormati negaranya, negara yang kuat pasti rakyatnya sangat mencintai negaranya. “Jaman dahulu pahlawan-pahlawan kita memperjuangkan kemerdekaan rela mengorbankan nyawa”, kata Danramil.

Selanjutnya Danramil memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik bahwa sekarang kita wajib mengisi kemerdekaan. “Caranya dengan rajin belajar, mematuhi segala nasehat guru, mengikuti aturan sekolah, menghormati orang tua, serta melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh.

Danramil juga menyampaikan pesan khusus kepada adik-adik penggalang peserta PERSASRI agar mengikuti kegiatan dengan serius “Kegiatan ini terdapat pendidikan yang dapat dijadikan sebagai bekal menjadi manusia-manusia yang mandiri”, kata Danramil. Kemudian Danramil berkenan membuka PERSARI.

Kepala sekolah, Suratno menyampaikan terimakasih kepada Koramil 14/Madukara yang telah berkenan untuk kerjasama dalam pembinaan pendidikan bela negara di SMPN 3 Banjarnegara. “Semoga melalui pembinaan pendidikan bela negara ini akan dapat terjadi kesinambungan pembelaan negara secara terus menerus”, harapannya.*(Muji P/Dinkominfo)*