Banjarnegara – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Jumat (10/1/2020) melakukan penanaman bibit pohon durian di tepi Jalan Pucang Jenggawur. Aksi Budhi kemudian diikuti pegawai Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan serta penyuluh pertanian dari 20 kecamatan. Kepala Dinas Pertanian, Totok Setya Winarna, mengatakan, ada 60 bibit pohon durian jenis Simimang yang ditanam pegawai di jajarannnya serta penyuluh pertanian dari 20 kecamatan.

“Jenis yang ditanam Durian Simimang, ada 60 pohon. Tujuannya untuk konservasi, juga mendukung program Pak Bupati dalam menyempurnakan pembangunan infrastruktur. Jalannya lebar dan bagus, di tepinya ada pohon durennya,” kata Totok.

Ia menambahkan, penanaman bibit durian tersebut merupakan kepedulian dinasnya dari dinas induk hingga penyuluh lapangan.

“Jadi ini mandiri, nanti perawatannya pun mandiri dan secara rutin kita lakukan pengawasan,” imbuh Totok.

Bupati Budhi Sarwono, menyambut baik kegiatan penanaman tersebut. Ia merencanakan aksi serupa di ruas jalan yang memungkinkan.

“Ini bagus sekali, memanfaatkan lahan yang ada. Kedepan kita rencanakan bukan hanya durian, bisa buah lain seperti mangga dan lainnya,” sambut Budhi.

Sebelum penanaman tersebut Bupati melakukan apel bersama dengan seluruh karyawan Dinas Pertanian. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan traktor roda empat dari pemerintah pusat yang diterima oleh Kecamatan Batur.

“Pertimbangan diserahkan ke Batur karena alat tersebut sesuai dengan kondisi tanah disana, jadi bermanfaat sekali,” pungkasnya. *(Muji P/Dinkominfo)*