Banjarnegara – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk paramedis di 3 rumah sakit yang ada di Banjarnegara. Perangkat APD secara simbolis diserahkan oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, hari ini, Kamis (19/3/2020) di ruang kerja Bupati.

Ketiga rumah sakit yang menerima APD adalah Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, RS PKU Muhammadiyah, dan RS Emanuel Klampok. Total APD yang diberikan 15 unit, masing-masing RS tersebut menerima 5 unit.

Bupati Budhi Sarwono dalam pengantarnya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi paramedis di Banjarnegara yang telah mendidikasikan dirinya untuk kesehatan masyarakat, terutama dalam penanganan wabah corona.

“Salut setinggi-tingginya untuk teman-teman paramedis yang telah mendedikasikan dirinya untuk tugas kesehatan utamanya dalam menangani pandemi Corona,” kata Bupati Budhi Sarwono.

Budhi menambahkan, dirinya sedang berusaha mencari terobosan atas kelangkaan APD saat ini. APD tersebut sangat diperlukan paramedis untuk melindungi diri.

“Kami paham betul, paramedis adalah garda terdepan penanganan Corona ini jadi harus terlindung benar. Sayang sekali APD masih sulit didapatkan. Yang pasti anggaran sudah disiapkan.” kata Budhi

Dokter Ary Gunawan dari RSI Banjarnegara berterima kasih atas perhatian Pemkab dalam pengadaan APD ini, karena alat tersebut sangat diperlukan paramedis.

“Benar, paramedis memiliki resiko lebih besar, jadi harus terlindung benar, ikhtiar kita dengan ADP ini. Semoga cepat ada solusi untuk mengatasi kelangkaan ini,” kata dr Ary.

Pencegahan virus Corona di Kabupaten Banjarnegara terus digiatkan. Antara lain akan dilakukan penyemprotan disinfectan di beberapa tempat strategis seperti pasar kota dan masjid-masjid besar.

Kondisi hingga saat ini di Banjarnegara terdapat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3 orang, 1 orang titipan dari daerah lain. *(Muji P/Dinkominfo)*